Canonical Hadirkan OS Ubuntu 13.10 Untuk Smartphone

TeknoFlas.com – Kabar terbaru datang dari Canonical yang baru saja resmi merilis OS terbarunya yakni Ubuntu 13.10. Seperti kita ketahui Ubuntu 13.10 merupakan sistem operasi OS berbasis Linux pertama Ubuntu Touch, yang dapat mendukung untuk perangkat mobile/smartphone.

Seperti TeknoFlas kutip dari Engadget, Jumat (18/10/2013) Beberapa perangkat yang sudah menggunakan OS ini sudah diumumkan pada bulan januari, melalui smartphone Ubuntu EDGE. OS terbaru ini hadir dengan beberapa pilihan aplikasi mobile yang dapat meliputi browser, jam, kalkulator, dan indikator cuaca. demikian dilansir thenextweb.

Canonical Hadirkan OS Ubuntu 13.10 Untuk Smartphone

Selain itu pihak Canonical juga telah menyediakan SDK dan resouces yang dapat digunakan para pengembang untuk membuat aplikasi pada Ubuntu Touch dan mengembangkan ekosistemnya.

Sementara ini Ubuntu Touch dapat diinstal pada perangkat LG Nexus 4 dan Samsung Galaxy Nexus, yang bertujuan untuk pengembangan dengan tujuan evaluasi. Bagi pengguna biasa tidak dianjurkan untuk menggunakannya karena dapat merusak perangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *