TeknoFlas.com – Untuk saat ini persaingan layanan mobile messaging sudah sangat ketat, sampai saat ini tercatat bayak sekali layanan aplikasi ini dengan menawarkan keunggulan masing-masing, sebut saja whatsapp, BBM, Line, Kakaotalk, Wecaht, mypeople dan masih banyak lagi layanan sejenis yang beresar dipasaran mobile.

WhatsApps yang merupakan aplikasi kirim pesan singkat lewat mobile memang sampai saat ini masih cukup dominan dipsaran golobal maupun di Indonesia. Akan tetapi setelah BBM lintas platform hadir beberapa saat yang lalu, nampaknya posisi whatsapps mulai terancam.

WhatsApp vs BBM

Berdasarkan surve yang dilakukan oleh Device Research pada bulan November 2013, keunggulan whatsapp masih belanjut di beberapa wilayah seperti Afrika Selatan, Brazil dan Indonesia.

Khusus dipasaran tanah air, whatsapp menduduki peringkat pertama dalam survey tersebutm dimana layanan kirim pesan lintasplatfom ini dipakai sebanyak 43% responden, diposisi kedua ada BBM yang telah digunakan sebanyak 37% responden, dan di posisi ketia ada Line yang digunakan oleh 35% responden.

Untuk Pasar Global, dalam survey yang dilakukan di Amerika Serikat, Brazil, China, Afrika Selatan, serta Indonesia ini, WhatsApp masih kokoh di posisi puncak dengan tingkat pemakaian sebanyak 44% dari total responden. Kemudian diikuti secara berturut-turut oleh Facebook Messenger, WeChat, Twitter, BBM dan Skype.

BBM lintas platform baru saja diluncurkan beberapa minggu lalu, akan tetapi mampu menyedot bayak peminat dan menunjukan peningkatan yang cukup signifikan. Jadi masih bayak kemungkinan posisi BBM ini akan naik dalam beberapa waktu kedepan.

BlackBerry sendiri menggunakan strategi dengan cara bekerjasama dengan vendor lokal di ponsel androidnya untuk pasaran Afrika, India, Indonesia, Amerika Latin dan Timur Tengah.

Seperti dlansir dari TechCrunch, Rabu (27/11/2013),Untuk Indonesia sendiri Blackberry sudah bekerjasama dengan pabrikan lokal seperti Evercoss, Imo, Mito, SNexian dan TiPhone, dengan strategi ini bukan tidak mungkin posisi whatsapp bisa saja digeser oleh BBM kedepanya.