TeknoFlas.com – Nokia terus mencoba memperbaiki penjualan dari ponsel yang mereka produksi, banyak perangkat baru sudah dipersiapkan perusahaan yang kini sudah diakuisisi oleh Microsoft ini, dimana salah satu ponsel terbarunya dirumorkan bernama Nokia Normandy dimana bocoran foto ponsel nokia ini baru bau ini muncul didunia maya.

Akan tetapi yang cukup mengejutkan bahwa Nokia Normandy disebutkan akan menggunakan sistem operasi Android yang mana selama ini Nokia ogah menggunakannya. Akan tetapi sampai saat ini pihak Nokia sendiri belum memberikan konfirmasi mengenai rumor ini.

Nokia Android

Seperti dikutip dari dari Engadget, Rabu (11/12/2013), dikabarkan Normandy tidak akan masuk dalam jajaran seri lumia seperti disebutkan sebelumnya, namum masuk dalam seri Asha. Hal ini berdasarkan analisa mengenai ketiadaan beberpa spesifikasi seperti capacitive button dan LED flash, mengindikasikan perangkat ini ditujukan untuk pasar menengah ke bawah.

Jika benar Nokia Normandy akan menggunakan OS Android, ini berarti Nokia akan punya kendali penuh terhadap ekosistem perangkatnya, namun dengan tetap memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk menikmati aplikasi. Hal inilah yang akan sulit dilakukan pada seri Asha.

Jika dilihat dari bocoran foto yang beredar tampilan Normandy hampir mirip dengan Lumia 520. Bedanya, Normandy berukuran lebih kecil, dan terdapat tombol khusus yang ditujukan untuk pengoperasian kamera.

Yang lebih mengejutkan lagi, tombol home tidak menampilkan logo Windows Phone seperti pada ponsel Lumia. Rupanya, ketiadaaan logo inilah yang memunculkan spekulasi bahwa Normandy masuk dalam seri Asha. Selain foto penampakannya, belum ada informasi lain mengenai spesifikasi handset ini.

Sebelumnya, akun anonim ini juga membocorkan akan ada lima smartphone Nokia yang tak lama lagi dirilis. Perangkat tersebut memiliki codename yang cukup unik, yakni Goldfinger, Moneypenny, Normandy, Phantom dan Spinel.