TeknoFlas.com – Peluncuran sistem operasi windows phone 8.1 memang belum diumumkan secara pasti oleh pihak Microsoft, akan tetapi saat ini sudah banyak sekali berkembang mengenai kemungkinan fitur baru yang akan dibawakan untuk OS terbaru untuk pengguna ponsel windows tersebut.

Salah satu fitur yang diprediksikan akan disertakan dalam update terbaru ini adalah cortana yang merupakan asisten digital yang mirip dengan Apple Siri atau Google Now.
Bukan rahasia lagi bahwa Microsoft memang sedang mengambangkan asisten digital bernama Cortana. Aplikasi itu nantinya akan menggantikan Bing Voice yang selama ini ada di Windows Phone.

Prediksi Fitur Baru Windows Phone 8.1
Konserp Windows Phone 8.1

Selain asisten digital, perbaharuan yang mungkin akan dibawakan dalam versi WP 8.1 ini adalah sistem notifikasi, dimana para pengguna nanti akan bisa melihat notifikasi pesan ataun chat yang masuk cukup dengan menggeser layar ponsel kebah atau keatas, dan nampaknya fitur ini juga hampir mirip dengan iOS dan Android yang juga sudah menggunakanya.

Dan yang paling penting adalah perubahan dari sisi antar muka, dimana menurut kabar dalam Windows Phone 8.1 nantinya akan hadir tombol search, home dan navigasi yang berada di layar, selain itu ada juga penambahan tombol volume yang terpisah, artinya pengguna bisa mengendalikan volume suara dan ringtone secara terpisah.

Fitur baru lain yang terdapat pada Windows 8.1 adalah kompatibilitas jaringan via Virtual Private Network (VPN). Fitur ini dipercaya akan sangat bermanfaat untuk kalangan pebisnis.

Di luar fitur baru yang memikat, fitur People Hub yang sudah ada di Windows Phone sebelumnya semakin ditingkatkan karena terintegrasi dengan Facebook dan Twitter.
Sampai saat ini belum diketahui secara pasti kapan tanggal perilisan OS terbaru Windows Phone 8.1, akan tetapi seperti dikutip dari PC Autorithy, Rabu (18/12/2013), OS baru ini rencanaya akan diperkenalkan pada konferensi developer Microsoft April 2014.