TeknoFlas.com BBM lintas platform terus berbenah ditengah persaingan aplikasi kirim pesan singkat yang semakin sengit, dan menjelang pergantian tahun ini, perusahaan asal Kanada ini terus melakukan perbaikan terhadap Aplikasi Andalan mereka tersebut.

Ada sejumlah penambahan baru yang diperuntukan buat para pengguna BBM di iOS dan Android agar mampu bersaing dengan para rival yang juga melakukan hal serupa. Penambahaan fitur baru ini juga bertujuan untuk memagari para penggunanya agar tidak pindah ke aplikasi pesaing semacam Line, WhatsApp, KakaoTalk, WeChat, dan layanan sejenis lainnya.

BBM Voice and Video Calling untuk iOS dan Android akan Hadir 2014

Berikut ini beberapa bocoran fitur baru BBM android dan iOS seperti yang disampaikan oleh Sean Hungerford selaku Head of Product Management for BBM seperti dikutip dari blog resmi BlackBerry, Senin (30/12/2013).

BBM Voice untuk Android dan iPhone
Meskipun fitur ini bukan hal yang baru, akan tetapi BBM Voice memang baru akan disertakan untuk ranah iOS dan Android.

BBM tak cuma layanan untuk chatting. Lewat BBM Voice, BlackBerry ingin memberikan akses telepon gratis. Ya, tentu saja ini melalui jaringan data.

Jadi, nantinya pengguna BBM untuk iOS dan Android dapat melakukan ‘halo-halo’ dengan para koleganya di daftar kontak BBM.

Tak usah takut kena tagihan pulsa yang membengkak. Yang penting, pengguna sudah terhubung dengan koneksi internet.

BBM Channels
Sesuai janjinya, BlackBerry akan memboyong BBM Channels untuk iOS dan Android. Setelah sebelumnya baru hadir eksklusif bagi perangkat BlackBerry.

BBM Channels merupakan layanan untuk mengakomodir komunitas yang punya minat yang sama dalam satu kontak. Dengan membuat chanel sendiri, pengguna dapat berbagi pemikiran, ide, dan passion.

BBM Channels juga bisa digunakan pemilik brand untuk lebih dekat dengan fans-nya. Bagi Hungerford, ia sangat terbantu dengan bergabung BBM Channels Mercedes-Benz dan tim NBA Toronto Raptors.

Sekilas, BBM channels mirip dengan BBM group. Namun ia memiliki beberapa kelebihan dan fasilitas khusus.

BBM channels juga ada yang bilang mirip dengan micro blogging, dimana pemilik channels dapat melontarkan suatu topik ataupun cerita yang bisa dikreasikan dengan gambar. Nah, setelah itu para anggota di channel tersebut dapat memberi komentar.

Akses Lebih Cepat
BBM sering kali dapat cap negatif karena ‘fitur’ jam pasirnya lantaran sering kali dellay. Tetapi, hal itu tak membuat BlackBerry minder untuk menawarkan akses yang lebih cepat kepada pengguna BBM,

‘Faster and easier sharing’, demikian klaim Hungerford terhadap fitur baru BBM yang tengah dikembangkan BlackBerry.

Dengan fitur tersebut, pengguna dijanjikan bakal berbagi foto, voice note, lokasi dan konten lainnya dengan lebih cepat lagi.

Khusus untuk sharing lokasi, fitur ini disebutkan Hungerford akan sangat berguna bagi pengguna yang ingin janjian dengan seseorang di suatu tempat. Tinggal kirimkan lokasi Anda, dan rekan Anda itu pun bisa mengetahuinya.

Emoticon Baru
Emoticon merupakan salah satu fitur yang paling sering digunakan untuk mengungkapkan ekspresi pengguna.

Nah, dalam update BBM nanti, BlackBerry menjanjikan emoticon-emoticon baru untuk mewakili perasaan Anda.

Tak tanggung-tanggung, total ada 100 emoticon yang disiapkan BlackBerry. Mulai dari ROTFL, epic fail, face palm, serious hug, hingga smiley-poo akan jadi emoticon baru BlackBerry.

Hungerford menyebut bahwa emoticon baru ini masih dalam tahap uji coba sebelum dilepas ke Android, iPhone dan BlackBerry 10 dalam beberapa waktu ke depan.

Itulah beberapa fitur baru yang akan bisa digunakan oleh mereka pengguna aplikasi BBM for Android dan iOS kedepanya.