TeknoFlas.com – Dunia online saat ini menjadi konsumsi setiap harinya oleh masyarakat global. Ditambah lagi munculnya social media seperti facebook, twitter dan lainnya. Hal ini membuat para hacker sebagai lahan baru untuk memanfaatkannya karena sebagian pengguna hanya orang awam.

Tips Membuat Password yang Aman

Jika password jatuh ketangan hacker atau orang yang tak bertanggung jawab, maka bisa disalahgunakan. Nah, bagi Anda yang tidak ingin password jatuh ketangan orang lain, ikuti tips berikut ini agar password Anda aman seperti yang TeknoFlas kutip dari Jalan Tikus, Senin (06/01/2014).

Jangan buat password dengan deretan angka
Contoh deretan angka seperti “12345” atau “98765” dan sebagainya. Password seperti itu akan mudah ditebak oleh para hacker, alhasil akun kamu bisa dibobol dengan mudah.

Hindari penggunaan informasi pribadi di dalam password
Hal ini harus sangat kamu hindari. Jangan menggunakan nama, tanggal lahir atau alamat dalam password kamu. Misalnya, “reniciputat2311”. Ini akan dapat ditebak oleh orang-orang yang tahu informasi pribadi mengenai kamu.

Gunakan password yang unik
Password unik yang dimaksud adalah yang jarang orang gunakan sebagai password. Misalnya, “pempekkapalselam”, “sepatubola” atau “sitanganmulus”. Tapi ingat, usahakan kamu harus mengingatnya ya.

Usahakan passwordmu dibuat panjang
Semakin panjang password akan semakin aman pula karena kemungkinan password tertebak orang lain sangatlah kecil. Tapi ingat, jangan sampai kamu membuat password yang panjang dan terlalu sulit untuk kamu ingat.

Koneksikan akun-akun pentingmu dengan nomor ponsel
Sebaiknya, kamu mengkoneksikan akun-akun pentingmu seperti akun bank atau email dengan nomor ponselmu. Jadi kalau sewaktu-waktu ada seseorang yang diam-diam mengganti passwordmu, maka situs tersebut akan langsung mengirimkan sms verifikasi ke ponselmu, dan kamu bisa menolak untuk memverifikasi jika bukan kamu yang ingin mengganti passwordnya.