TeknoFlas.com – Facebook saat ini memang mengalami masa kejayaan di jejaring sosial, akan tetapi pepatah roda itu berputar itu pasti akan berlaku untuk situs besutan dari mark zuckerberg ini, bukan tidak mungkin FB akan mengalami masa kemunduran seperti Friendster.

Facebook memang sampai saat ini sudah berulang tahun ke 10 dan bisa disebut cukup lama jika dibandingkan dengan situs jejaring sosial lainya semacam Myspace.

Akan tetapi berdasarkan peneliti dari Princeton University menyatakan bahwa Facebook akan kehilangan 80% dari basis pengguna dalam kurun waktu tiga tahun ke depan, malahan Facebook diprediksiakan akan punah pada tahun 2017.

Fb

John Cannarella dan Joshua Spenchler, dua dari beberapa peneliti memang menganalogikan FB saat ini seperti penyakit epidemik yang menyebar, akan tetapi pasti akan sembuh kemudian.

“Ide, seperti penyakit, telah terbukti menyebarkan epidemik di antara orang-orang sebelum akhirnya sekarat, lalu sembuh dengan model epidemiologi,” para penulis mengklaim dalam sebuah makalah berjudul pemodelan epidemiologi dinamika jaringan sosial online, dikutip TeknoFlas dari The Guardian, Kamis (23/1/2014).

“Ide yang menyebar melalui kontak komunikatif antara orang yang berbeda yang berbagi ide dengan satu sama lain. Manifesto ide akhirnya kehilangan minat dengan ide dan tidak lagi mewujudkan ide, yang dapat dianggap sebagai keuntungan dari ‘kekebalan’ dengan ide tersebut.” Katanya menganalogikan.

Sebelumnya, hasil penelitian konsultan digital iStrategy Lab menyatakan, sekitar 11 juta remaja dan mahasiswa keluar dari FB sejak tahun 2011. Sebagai gambaran, jumlah tersebut lebih banyak dari total populasi Hong Kong.

Diyakini, para remaja itu meninggalkan Facebook karena beralih ke layanan lain. Misalnya saja Twitter, WhatsApp, Path dan sebagainya. Pihak Facebook sendiri mengakui fenomena kurang menggembirakan itu