TeknoFlas.com – Tablet Android Berpeluang Kalahkan iPad – Berdasarkan data lembaga riset IDC, permintaan pengguna terhadap komputer tablet Android untuk pertama kalinya berpeluang akan menyalip Apple iPad di tahun 2013. Meningkatnya pengiriman ini didorong oleh tingginya permintaan konsumen dunia terhadap tablet berukuran kecil.

Tablet Android Berpeluang Kalahkan iPad

IDC memperkirakan pengiriman tablet Android tahun 2013 mampu menguasai pasar dunia sekitar 49 persen dari 42 persen pada tahun 2012. Disisi lain, pengiriman iPad kemungkinan menurun ke angka 46 persen dari 51 persen pada tahun sebelumnya.

Menurut IDC, secara umum pengiriman tablet ke seluruh dunia di 2013 ini mencapai 190.900.000 unit. Padahal tahun sebelumnya, pengiriman tablet diseluruh dunia mencapai angka 128,3 juta unit dari 72 juta unit pada 2011.

Rupanya pihak Apple tak mau ketinggalan melihat kesuksesan tablet Asus Google Nexus 7 dan Amazon Kindle Fire yang berukuran 7 inci, tahun lalu. Mereka membuat iPad Mini yang berukuran 7,9 inci pada November 2012.

“Satu dari setiap dua tablet yang dikirimkan pada kuartal satu 2013, merupakan tablet berukuran di bawah 8 inci. Kami berharap tablet berukuran kecil akan terus tumbuh di tahun 2013 dan seterusnya,” seperti ditulis IDC dalam siaran pers, Selasa (12/3/2013).

Sistem operasi Android yang diadopsi kedalam perangkat tablet semakin bertambah. Bahkan, produsen komputer besar sekelas Hewlett-Parckard (HP), akhinya memproduksi tablet Android pertamanya yang diberi nama Slate 7.

Tentunya keputusan HP menggunakan Android adalah kemenangan besar bagi Google, mengingat HP punya sistem operasi mobile sendiri, WebOS. Sayangnya OS milik HP tersebut tidak mendapat sambutan baik di pasar global. Sementara itu, HP mungkin selamanya bergantung pada Windows 8 jika ingin memperkuat unit bisnis perangkat mobile.

Tablet yang berjalan dengan OS Windows 8 menurut IDC akan mengalami pertumbuhan global dari 1 persen pada 2012 menjadi 7,4 persen pada 2017.

IDC memandang Microsoft dan para mitra akan lebih fokus pada Windows 8, mengingat tablet Windows RT tidak bisa menjalankan perangkat lunak untuk Windows 7, dimana pangsa pasarnya akan tetap di bawah 3 persen hingga 2017.