TeknoFlas.com – Xiaomi, produsen smartphone yang sering disebut-sebut sebagai Apple-nya China ini meluncurkan smartphone terbaru, yakni Hongmi 1S di negara asalnya. Xiaomi Hongmi 1S ini dijual dengan harga yang tak jauh berbeda dengan Hongmi, yakni $150 atau sekitar Rp 1,6 jutaan.

Xiaomi Hongmi 1s
Xiaomi Hongmi 1s

Smartphone Xiaomi Hongmi 1S ini akan dipasarkan di luar China dengan nama Redmi 1S. Pasar pertama yang akan disambangi oleh Xiaomi Redmi 1S atau Hongmi 1S adalah Singapura. Apa yang ditawarkan oleh Xiaomi Hongmi 1S ini tak jauh berbeda dengan Xiaomi Hongmi.

Handset Xiaomi Hongmi 1S ini dilengkapi dengan bentang layar sentuh 4,7 inci dengan resolusi 1280 x 720 piksel yang menggunakan teknologi layar IPS. Hongmi 1S menggunakan sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean dengan tampilan yang didesain khusus oleh Xiaomi, yakni MIUI.

Kinerja handset Xiaomi Hongmi 1S ini cukup tinggi berkat tenaga dari prosesor quad-core ARM Cortex-A7 berkecepatan 1,6GHz dari Qualcomm Snapdragon 400 yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 1GB. Kinerja Hongmi 1S dalam memainkan game tak perlu disangsikan lagi berkat pengolah grafis Adreno 305 yang tersemat di dalamnya.

Xiaomi Hongmi 1S ini dilengkapi dengan ruang penyimpanan berkapasitas 8GB atau dua kali lebih besar dari Hongmi yang hanya 4GB. Tak hanya itu, pengguna dapat menambah ruang simpan Hongmi 1S ini melalui slot microSD yang tersedia sehingga tak perlu khawatir kehabisan memori.

Sisi kamera, Xiaomi Hongmi 1S ini mengandalkan kamera utama dengan resolusi 8 megapiksel yang berada di belakang yang dilengkapi dengan fitur autofokus dan sebuah kamera depan untuk video chat dengan resolusi 1,3 megapiksel.

Seperti yang dikutip TeknoFlas dari Liliputing (17/02/2014), smartphone Xiaomi Hongmi 1S ini membidik pasar low-end dan bersaing ketat dengan Motorola Moto G. Sayangnya tak diketahui apakah Hongmi 1S masuk Indonesia atau tidak.