TeknoFlas.com – Saat ini smartphone tengah digandrungi dari berbagai kalangan. Smartphone bisa dimiliki siapa saja dengan spesifikasi dan harga yang beragam. Akan tetapi, banyak orang menggunakan smartphone untuk gaya-gayaan.

Bermunculan smartphone dengan fitur dan spesifikasi high-end membuat pihak-pihak tak bertanggung jawab mencari keuntungan dengan membuat smartphone supercopy, barang kw ataupun palsu. Nah, tentunya Anda tidak mau hal ini terjadi pada Anda.

Berikut ini tips bagaimana mengetahui smartphone asli atau palsu dikutip dari Jalan Tikus, Jumat (14/03/2014).

1. Melakukan test dengan Angka
Setiap brand Android memiliki angka tersendiri untuk mengecek perangkatnya. Misalnya “Sony” dengan menekan ✲#✲#7378423#✲#✲ dan “Samsung” ✲#0#. Jika sudah ditekan angka tersebut tidak muncul, kemungkinan smartphone tersebut Palsu

Cara Cek Smartphone Asli 1

2. IMEI
IMEI (International Mobile Station Equipment Identity) adalah identitas resmi setiap smartphone. Cara mengeceknya adalah dengan menekan ✲#06#.

Cara Cek Smartphone Asli 2

Setelah muncul angka tersebut, kemudian buka browser kamu lalu kunjungi website imei.info. Masukan IMEI yang tertera di smartphone kamu kemudian tekan check.

Cara Cek Smartphone Asli 3

Jika smartphone-mu asli, akan muncul informasi tentang smartphone tersebut setelah kamu menekan “check”. Jika tidak muncul informasi apapun, kemungkinan besar smartphone-mu itu palsu.

Cara Cek Smartphone Asli 4

3. Situs Opera apps.opera.com
Masuk ke browser kamu, kemudian buka situs apps.opera.com. Dalam situs tersebut, merk dan jenis smartphone akan terdeteksi otomatis dibagian paling bawah. Jika Merk dan jenis smartphone sesuai dengan yang kamu gunakan, berarti smartphone kamu asli. Namun, jika muncul tulisan Your Device is Android generic Generic Android 4.x sudah pasti, smartphone tersebut palsu.

Cara Cek Smartphone Asli 5

4. Menggunakan AnTuTu Benchmark
Download dan Install aplikasi AnTuTu Benchmark lalu lakukan test. Jika hasil test berbeda dengan smartphone sejenis lainnya. Kemungkinan besar smartphone tersebut palsu

Cara Cek Smartphone Asli 6

5. Mengecek kondisi fisik barang
Jangan ragu-ragu untuk mengecek kondisi smartphone kamu secara keseluruhan. Usahakan kamu membawa seorang teman yang lebih tahu tentang smartphone tersebut. Pastikan smartphone tersebut dalam kondisi mulus.

Jika semua cara diatas sudah kamu lakukan, tetapi kamu belum yakin tentang keaslian smartphone tersebut. Kunjungi service tersebut dan mintalah petugas untuk mengecek keasliannya. Selamat mencoba.