Teknoflas.com – Smartphone Nokia X yang menggunakan sistem operasi Android dikabarkan akan masuk pasar Indonesia pda 27 Maret 2014 mendatang. Kehadiran smartphone Nokia X ini banyak dinantikan oleh konsumen di Indonesia karena harga yang ditawarkan kemungkinan cukup terjangkau dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi.

Nokia X

Informasi ini diperkuat dengan disebarnya undangan peluncuran smartphone Nokia X yang di dalamnya bertuliskan tanggal 27 Maret 2014 dan berlokasi di bilangan Sudirman, Jakarta. Sebelumnya, Nokia X telah hadir terlebih dahulu di Malaysia, Filipina, dan Timur Tengah.

Pada undangan tersebutm Nokia tidak menyebutkan bahwa smartphone andalannya tersebut menggunakan sistem operasi Android. Pabrikan asal Finlandia ini hanya menyebutkan bahwa Nokia X memiliki akses ke aplikasi Android dengan kompatibilitas hingga 70%.

Sayangnya, sampai saat ini tidak diketahui berapa harga yang ditawarkan oleh smartphone Nokia X di Indonesia. Kemungkinan besar harganya tak akan jauh berbeda dengan harga di Malaysia dan Filipina, yakni kisaran Rp 1,5 jutaan. Nokia juga dikabarkan akan menghadirkan varian Nokia X+ dan Nokia XL.

Smartphone Nokia X dibekali dengan bentang layar sentuh 4 inci dengan resolusi 480 x 800 piksel dengan kepadatan layar mencapai 233 piksel per inci berteknologi TFT LCD. Spesifikasi layar Nokia X ini cukup standar di kelasnya.

Smartphone Nokia X ini dibekali dengan ruang simpan internal berkapasitas 4GB yang dapat diperluas hingga maksimal 32GB berkat hadirnya slot microSD. Tak hanya itu, Nokia X juga didukung fitur standar smartphone, yakni hadirnya Bluetooth, WiFi, 3G HSPA, dan dual SIM.

Mengenai kinerja, Nokia X Android ini merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya berkat sokongan prosesor dual-core berkecepatan 1GHz yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 512MB. Kinerja grafis Nokia X juga cukup tinggi berkat dukungan pengolah grafis dari Adreno.

Seperti yang dilansir dari Detik pada Senin (24/03/2014), pabrikan asal Finlandia yang kini telah dibeli oleh Microsoft ini menyematkan kamera dengan resolusi 3 megapiksel yang menghadap ke belakang pada Nokia X.