TeknoFlas.com – Kabar terbaru menyebutkan bahwa Nokia X akan segera mendarat di pasar gadget Indonesia. Perangkat Nokia X adalah smartphone pertama milik Nokia yang mengadopsi sistem operasi Android. Handset ini sudah mulai dipasarkan di kawasan Asia Pasifik, dimana Malaysia adalah negara pertama yang disambangi Nokia X.

Kehadiran Nokia X di Indonesia ditandai dengan adanya undangan yang disebar kepada awak media oleh pihak Nokia Indonesia. Dalam undangan itu disebutkan bahwa perangkat Nokia X akan diluncurkan pada 27 Maret 2014 di Jakarta.

Nokia X akan Menyambangi Indonesia 27 Maret 2014, Berapa Harganya?

Dalam undangan tersebut juga terdapat kalimat yang berbunyo “Buktikan serunya menggunakan Nokia X yang menggabungkan layanan terbaik Nokia, Microsoft, dan akses ke aplikasi Android”.

Belum diketahui berapa harga smartphone Nokia X di Indonesia, namun sebagaimana dikutip TeknoFlas dari laman Liputan6, Senin (24/3/2014), ponsel cerdas ini telah dipasarkan dengan harga 399 ringgit atau sekitar Rp 1,4 jutaan di Malaysia. Diprediksi, harga Nokia X di Indonesia tidak akan terpaut jauh dengan harga tersebut.

Sebagai tambahan informasi, Nokia X adalah salah satu dari tiga perangkat terbaru Nokia yang berbasis Android di jajaran keluarga Nokia X. Selain itu, Nokia juga akan menghadirkan dua ponsel Android lainnya yakni Nokia X+ dan Nokia XL. Kode X pada smartphone ini mennadakan bahwa sistem operasi yang digunakan Android 4.1 Jelly Bean yang dipadukan dengan keunikan ponsel seri Asha dan Windows Phone.

Memang bandrol harganya cukup murah untuk ukuran ponsel Android, namun perangkat ini tetap menawarkan spesifikasi yang terbilang tidak murahan. Nokia X hadir di pasaran dengan mengusung layar WVGA 4-inci beresolusi 800 x 480 piksel. Selain itu, ponsel cerdas besutan perusahaan asal Finlandia ini juga ditenagai oleh prosesor dual-core 1 GHz Qualcomm Snapdragon S4, memori RAM sebesar 512MB, dan penyimpanan internal seluas 4GB yang dapat diperlebar melalui slot MicroSD hingga 32GB. Selain itu, Nokia X juga dibenami dengan kamera belakang 3MP fixed focus, dan mendukung dual-SIM.

Meskipun menggunakan sistem operasi Android, perangkat Nokia X tidak bisa mengakses layanan Google Play Store karena pihak Nokia telah memodifikasinya. Untuk mendapatkan aplikasi, pengguna harus masuk ke Nokia Store. Meski demikian, Nokia X tetap bisa menjalankan aplikasi Android. Bahkan, menurut Nokia, sekitar 75% aplikasi Android dapat berjalan di Nokia X tanpa harus dimodifikasi.