TeknoFlas.com – Kabar mengenai adanya penyadapan yang dilakukan oleh NSA ke salah satu produsen telekomunikasi dan internet terbesar di China yakni Huawei menimbulkan kecaman keras dari pihak Huawei. Adanya penyadapan yang dilakukan NSA tersebut telah dibocorkan oleh Edward Snowden yang tak lain merupakan mantan kontraktor NSA itu sendiri. Tentu saja kabar ini sangat merugikan pihak Huawei karena ternyata NSA telah melakukannya selama bertahun – tahun secara diam – diam.

Huawei Berang Disadap Oleh NSA
National Security Agency (NSA) dalam aksi penyadapannya ini dapat mengakses arsip setiap email Huawei dan juga komunikasi yang dilakukan antar pemimpin  perusahaan. Selain itu NSA juga dapat mengetahui kode rahasia dari sejumlah produk yang dimiliki Huawei. Tentu saja laporan ini menimbulkan kecaman keras dari pihak Huawei, yang diungkapkan lewat media Amerika Serikat The New York Times dan juga media Jerman Der Spiegel pada Sabtu (22/3).

Bila tindakan yang disebutkan dalam laporan benar, Huawei mengecam aktivitas yang ikut campur dan menyusupi jaringan internal perusahaan kami dan memonitor komunikasi kami,” kata Wakil Presiden Huawei untuk Hubungan Internasional, Roland Sladek.

Dengan kebocoran informasi tersebut, NSA mengeluarkan pernyataan bahwa NSA melakukan penyadapan yakni untuk mencari hubungan antara Huawei dengan militer China. Namun kemudian tujuan tersebut melebar dengan menyertakan penetrasi produk komunikasi Huawei yang telah dijual ke berbagai negara ketiga dengan tujuan untuk mendapatkan akses ke seluruh dunia.