Teknoflas.com – Setelah sekian lama dinanti kehadirannya, pabrikan asal Korea Selatan ini akhirnya mengumumkan kehadiran tablet generasi baru, yakni Galaxy Tab 4. Samsung menghadirkan tablet Galaxy Tab 4 dalam tiga varian, yakni Galaxy Tab 4 7.0, Galaxy Tab 4 8.0. dan Galaxy Tab 4 10.1.

Samsung Galaxy Tab 4
Samsung Galaxy Tab 4

Jajaran produk tablet Samsung Galaxy Tab 4 ini diharapkan dapat meneruskan kesuksesan tablet Galaxy Tab 3 yang merupakan generasi sebelumnya. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, tablet Galaxy Tab 4 ini hadir dengan tampilan yang berbeda dan terinspirasi dengan desain Galaxy Note 3.

Kinerja ketiga varian tablet Galaxy Tab 4 bisa dikatakan setara karena mengusung prosesor yang sama, yakni prosesor quad-core berkecepatan 1,2GHz dari Qualcomm Snapdragon 400 yang dikawinkan dengan memori RAM sebesat 1,5GB. Kinerja Galaxy Tab 4 dalam menangani multitasking sudah tak perlu diragukan lagi.

Ketiga varian Galaxy Tab 4 ini juga cukup perkasa dalam memainkan game berkat sokongan grafis dari Adreno 305 yang tersemat di dalamnya. Tak hanya itu, Samsung menyematkan sistem operasi Android 4.4 Kitkat terbaru untuk tiga varian tablet Galaxy Tab 4.

Sektor kamera, Samsung mempersenjatai ketiga anggota keluarga Galaxy Tab 4 dengan kamera yang sama, yakni kamera utama yang menghadap ke belakang dengan resolusi 3 megapiksel dan kamera depan untuk mengakomodasi foto selfie dengan resolusi 1,3 megapiksel.

Hal yang membedakan antara ketiga varian tablet Samsung Galaxy Tab 4 ini adalah spesifikasi layarnya, Galaxy Tab 4 7.0 mengusung bentang layar 7 inci, Galaxy Tab 4 8.0 menggunakan bentang layar 8 inci, dan Samsung Galaxy Tab 4 10.1 mengusung bentang layar 10.1 inci.

Ketiga tablet Samsung Galaxy Tab 4 menggunakan resolusi layar yang sama, yakni 1280 x 800 piksel, seperti yang dikutip dari GSM Arena (01/04/2014).