TeknoFlas.com – Mungkin Anda sering bertanya, bagaimana cara mudah dan efektif menyembuhkan panas dalam? Sejatinya ada beberapa pilihan untuk menyembuhkan panas dalam. Antara lain adalah perubahan pola hidup sampai obat antiperadangan.

Seperti dikutip TeknoFlas dari laman Okezone, Minggu (20/4/2014) menyebutkan bahwa Dr. Abrijanto SB, dokter umum dan herbal di klinik Icon BSD, Tangerang menjelaskan, dari sekian obat yang bisa dibeli, sesungguhnya pola hidup sehat adalah obat panas dalam yang harus diutamakan. Pasalnya, pola hidup sehat adalah paling tahan lama untuk mengobati sekaligus mencegah panas dalam datang.

Cara Mudah Sembuhkan Panas Dalam dengan Pola Hidup Sehat

Dr. Abrijanto menganjurkan agar penderita panas dalam mengonsumsi makanan sehat, banyak minum, serta istirahat yang cukup. Atau pertimbangan lain, karena panas dalam meliputi keluhan sariawan, meriang, perut, dan tenggorokan tak enak, seseorang bisa memakai topikal ataupun obat kumur-kumur, dan antibiotik untuk sariawan.

“Kalau pakai topikal, caranya tinggal oles saja pada bagian yang mengalami sariawan,” ujarnya.

Akan tetapi, obat oral ataupun antiradang hampir semua berpotensi menggangu lambung. Sehingga sebaiknya mengobati panas dalam itu dengan gaya hidup sehat atau pola hidup sehat.

Dr. Abrijanto melanjutkan, sesungguhnya jika panas dalam mudah diobati dengan memperbaiki gaya hidup, penderita sudah tidak perlu minum obat lagi. Dengan kata lain dapat disumpulkan bahwa pola hidup sehat adalah cara mudah dan ampuh dalam mengobati serta mencegah panas dalam.