TeknoFlas.com – Sesak napas merupakan kesulitan dalam bernapas dikarenakan dada terasa sesak. Sesak napas bisa menjadi gejala terjangkitnya penyakit asma. Namun untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapat diagnosa yang benar. Karena bisa jadi sesak napas tersebut diakibatkan oleh bronkitis.

Waspada, Sesak Nafas Menjadi Salah Satu Tanda Bronkitis
Sesak napas dan juga bronkitis memiliki gejala yang hampir sama, namun memiliki mekanisme serangan yang berbeda. Untuk Bronkitis, pasien biasanya mengalami peradangan pada saluran napas bagian bawah (bronkus). Jika asma biasanya dikarenakan saluran naps mengalami sensitif berlebihan. Asma dapat terjadu 90 persen dikarenakan keturunan, dan sisanya akibat dari debu atau asap.

“Jika sudah begitu maka namanya menjadi radang paru,” kata Agus Dwi Susanto, dokter spesialis paru Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), seperti dikutip Kompas Health.

Pada pasien Bronkitis, batuk akan terjadi secara kontinyu dan juga mengeluarkan dahak yang kental. Terjadis sesak napas karena adanya ganjalan ini pada saluran napas yang emmbuat sulit untuk napas atau sesak napas. Bronkitis juga dapat terjadi akibat adanya virus, yang jika sudah parah dapat menjalar ke seluruh paru – paru yang disebut dengan radang paru.