TeknoFlas.com – Kolesterol dapat menjadi pemicu adanaya penyakit jantung dan juga stroke. Ini dikarenakan lemak yang mengendap di pembuluh darah, sehingga menghambat alirannya. Kolesterol biasa menyerang orang yang terlalu gemuk dan juga yang sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Maka dari itu gorengan atau fast food dapat menjadi makanan yang memiliki kontribusi paling besar dalam meningkatnya kadar kolesterol.

Inilah Cara Kerja Kolesterol Baik Dan Jahat Didalam Tubuh

Kolesterol tidak selalu jahat, kolesterol juga dapat bermanfaat untuk tubuh. Kolesterol terdiri dari LDL, HDL, trigliserida dan juga total kolesterol. Jika kadar kolesterol normal, maka kolesterol ini justru bermanfaat bagi tubuh. Ini dikarenakan kolesterol lipoperotein atau LDL dari liver yang menuju ke semuruh sel tubuh yang memerlukan, seperti sel otot jantung, otak, dll.

Jika kolesterol LDL berlebihan dalam pembuluh darah maka HDL akan berfungsi untuk menyeimbangkannya. HDL akan membawa kembali kolesterol LDL ke lIver untuk diurai. Kemudian kolesterol LDL ini akan diteruskan ke kandung empedu sebagai asam empedu.

kolesterol LDL biasa disebut sebagai “kolesterol jahat”. Dan kolesterol HDL dinilai sebagai “kolesterol baik”. Ini dikarenakan HDL berperan membersihkan sisa-sisa kolesterol LDL yang bergerak dalam pembuluh darah dan mencegah peningkatan kolesterol jahat.