Teknoflas.com – Microsoft dikabarkan akan mengganti nama Nokia Oyj dengan nama baru yang lebih merepresentasikan pemiliknya, yakni Microsoft Mobile Oyj. Berdasarkan informasi yang beredar, penggantian nama Nokia Oyj menjadi Microsoft Mobile Oyj ini dilakukan setelah proses akuisisi selesai.

Nokia XL Android
Nokia XL Android

Seperti yang dikabarkan beberapa waktu lalu, Microsoft memutuskan untuk mengakuisis Nokia Devices and Services dan memiliki kendali penuh terhadap merek dagang smartphone, ponsel, dan layanan Nokia, seperti HERE Maps dan sebagainya.

Banyak orang yang berpendapat bahwa penggantian nama Nokia Oyj menjadi Microsoft Mobile Oyj ini adalah akhir dari merek “Nokia” yang sudah terkenal di pasar ponsel sejak puluhan tahun. Meski Microsoft akan mengganti nama Nokia, tetapi syarat dan ketentuan untuk pemasok tidak berubah.

Nokia dibawah kendali Microsoft kabarnya akan tetap menjaga hubungan baik dengan mitra pemasok. Tak hanya itu, Microsoft Mobile Oyj ini sendiri akan hadir sebagai anak perusahaan Microsoft yang bergerak di bidang perangkat mobile, seperti smartphone, ponsel, dan tablet.

Pabrikan asal Finlandia ini dikabarkan masih meneruskan proyek yang telah dikembangkan sejak sebelum diakuisis Microsoft, yakni Smartwatch. Nokia kabarnya sedang mengembangkan jam tangan pintar yang kini mulai meningkat popularitasnya. Sayangnya, tak diketahui detail dari proyek smartwatch ini.

Tak hanya itu, berdasarkan rumor yang beredar, nama Lumia juga kabarnya akan dihilangkan oleh Microsoft dan digantikan dengan merek sendiri yang sampai saat ini belum diketahui.

Seperti yang dilansir dari GSM Arena pada Senin (21/04/2014), sampai saat ini banyak orang yang mempertanyakan nasib Nokia X yang mengusung sistem operasi Android di masa depan. Seperti yang kita ketahui, Microsoft telah memiliki sistem operasi Windows Phone 8.1 sebagai sistem operasi utamanya.