Teknoflas.com – Nokia X adalah smartphone pertama Nokia yang menggunakan sistem operasi Android. Sebelumnya pabrikan asal Finlandia ini terkenal dengan jajaran smartphone Lumia yang menggunakan OS Windows Phone. Saat ini harga Nokia X di Indonesia pada akhir April 2014 adalah Rp 1.499.000.

Nokia X
Nokia X

Salah satu fitur unggulan ponsel pintar Nokia X ini adalah akses terhadap aplikasi Android, bahkan Nokia mengklaim smartphone ini mampu menjalankan 70% aplikasi di sistem operasi Android. Hal ini tak terlepas dari OS yang digunakan oleh Nokia X yang merupakan Android 4.1.2 Jelly Bean yang telah dirombak.

Nokia telah melakukan perubahan yang cukup signifikan pada sistem operasi yang digunakan oleh Nokia X dengan menghapus layanan Google, termasuk Play Store. Sebagai penggantinya, Nokia menghadirkan layanannya sendiri, antara lain adalah HERE Maps dan Nokia Store.

Smartphone Nokia X ini dibekali dengan ruang simpan internal berkapasitas 4GB yang dapat diperluas hingga maksimal 32GB berkat hadirnya slot microSD. Tak hanya itu, Nokia X juga didukung fitur standar smartphone, yakni hadirnya Bluetooth, WiFi, 3G HSPA, dan dual SIM.

Sektor kinerja, Nokia X Android ini merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya berkat sokongan prosesor dual-core berkecepatan 1GHz yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 512MB. Kinerja grafis Nokia X juga cukup tinggi berkat dukungan pengolah grafis dari Adreno.

Sektor kamera, Nokia X mengusung kamera dengan resolusi 3 megapiksel yang menghadap ke belakang pada Nokia X. Sayangnya, Nokia X tidak disertai dengan kamera depan.

Nokia X dibekali dengan bentang layar sentuh 4 inci dengan resolusi 480 x 800 piksel dengan kepadatan layar mencapai 233 piksel per inci berteknologi panel IPS. Spesifikasi layar Nokia X ini cukup standar di kelasnya.