Blu-ray Capai Kapasitas 256GB

Teknoflas.com – Keping optik Blu-ray kini telah mencapai kapasitas yang cukup besar, yakni mencapai 256GB! Kapasitas ini telah menyamai SSD (Solid State Drive) dan hard disk masa kini, bahkan dapat menjadi media back up kedua media penyimpanan tersebut. Pioneer, pengembang Blu-ray 256GB mengatakan bahwa nantinya kapasitas keping tersebut mamou mencapai angka 512GB.

Blu-ray

Seperti yang kita ketahui, saat ini keping Blu-ray maksimal hanya mampu menampung data berukuran 100GB atau 128GB saja (Blu-ray XL). Hal ini dirasa kurang dan Pioneer memutuskan untuk mengembangkan lebih lanjut teknologi Blu-ray untuk mencapai kapasitas yang lebih tinggi.

Kini Pioneer secara resmi memperkenalkan keping Blu-ray dengan kapasitas tertinggi saat ini, yakni 256GB. Pioneer juga mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan pengembangan dan mengklaim bahwa nantinya Blu-ray akan mencapai kapasitas 512GB.

Kehadirian Blu-ray berkapasitas besar ini memungkinkan pengguna untuk membuat backup atau kloning dari hard disk atau SSD yang nantinya dapat digunakan kembali untuk keperluan recovery. Pengguna juga dapat menyimpan data lebih banyak di dalam satu keping Blu-ray.

Pioneer juga mengatakan bahwa salah satu kelebihan keping Blu-ray yang ia tawarkan adalah penggunaa tak perlu membeli optical drive atau Blu-ray drive baru untuk menggunakan keping Blu-ray 256GB ini, cukup menggunakan Blu-ray drive yang ada saat ini.

Seperti yang dikutip dari Softpedia (15/05/2014), media penyimpanan berupa keping optik seperti Blu-ray ini memang tak banyak dilirik pengguna komputer masa kini karena sebagian besar dari mereka lebih memilih menggunakan hard disk eksternal untuk menyimpan data.

Pioneer berharap kehadiran Blu-ray berkapasitas 256GB ini dapat menarik perhatian pengguna untuk menggunakannya sebagai media penyimpanan atau back up data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *