Teknoflas.com – Setelah merilis smartphone kelas atas melalui Xperia Z2, Sony melanjutkannya dengan merilis smartphone kelas menengah melalui seri Xperia M2. Sony Xperia M2 ini pertama kali diperkenalkan di ajang Mobile World Congress (MWC) 2014 yang digelar Februari lalu.

Sony Xperia M2

Sony menggelontorkan Xperia M2 di Eropa dengan harga $370 atau sekitar Rp 4,2 juta. Harga yang ditawarkan oleh Xperia M2 ini memang cukup tinggi. Meski demikian, berdasarkan pengalaman sebelumnya, harga Xperia M2 di Indonesia kemungkinan akan lebih murah.

Salah satu operator seluler Eropa yang telah merilis Xperia M2 adalah EE. Operator asal Inggris ini menjual Xperia M2 dengan harga $370. Sedangkan Amazon Jerman menjual Xperia M2 dengan harga yang lebih murah, yakni $355. Sony mengungkapkan bahwa Xperia M2 varian dual SIM juga akan dirilis.

Sony Xperia M2 mengandalkan dengan bentang layar sentuh 4,8 inci dengan resolusi 540 x 960 piksel berteknologi TFT LCD kapasitif. Sony membekali Xperia M2 ini dengan baterai berkapasitas cukup besar, yakni 2300mAh.

Xperia M2 mengusung fitur yang cukup lengkap berkat dukungan NFC, 3G HSPA, GPS, WiFi, Bluetooth, LTE, dan dual SIM (opsional). Sony Xperia M2 ini menggunakan sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean dan kemungkinan mendapat update ke Android 4.4 KitKat.

Kinerja Sony Xperia M2 ini mengandalkan prosesor quad-core berkecepatan 1,2GHz dari Qualcomm Snapdragon 400 yang dikawinkan oleh memori RAM sebesar 1GB. Performa yang ditawarkan cukup mumpuni untuk menangani multitasking.

Xperia M2 juga didukung oleh pengolah grafis dari Adreno 305 yang dapat menangani game-game berat. Sony Xperia M2 ini menggunakan sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean, seperti yang dikutip dari Softpedia (17/05/2014).

Sony Xperia M2 ini dipersenjatai oleh kamera belakang dengan resolusi 8 megapiksel yang telah disematkan fitur autofokus dan LED flash, serta didukung sensor Exmor RS for Mobile. Xperia M2 dibekali memori internal berkapasitas 8GB yang dapat diperluas melalui slot microSD.