TeknoFlas.com – Tips Menghemat Baterai Laptop dan Tablet. Penggunaan laptop yang terlalu lama tentunya membutuhkan daya baterai yang besar. Nah, bagaimana jika hal itu terjadi saat Anda bepergian jauh dan harus menggunakan laptop? Bagi pengguna windows 7, windows 8 dapat mengoptimalkan untuk menggunakan daya baterai secara hemat. Berikut tipsnya?

Menghemat Laptop Tablet

Berikut adalah tips dari jalantikus.com bagaimana cara menghemat daya baterai pada laptop atau tablet:

Pilih power plan yang tepat

Windows 8 memiliki default 2 power plan, yaitu balanced dan power saver. Kadang menggunakan Windows 8 OEM mungkin memiliki power plan tambahan berdasarkan perangkat yang digunakan. Tetapi disarankan untuk menggunakan modus power saver untuk perangkat anda.

Kurangi Kecerahan Layar Monitor (Brightness)

Tampilan layar adalah salah satu bagian yang paling banyak menggunakan daya baterai laptop atau tablet. Kecerahan layar ini dapat diatur sesuai kebutuhan. Untuk mengatur kecerahan layar ini dapat diatur melalui setting lalu menu Brightness.

Gunakan fitur sleep kecerahan layar saat tidak dipakai

Saat sedang tidak menggunakan laptop atau tablet, walaupun periodenya singkat anda dapat menghemat daya dengan membuat layar agak redup hinggap mematikan layar hingga anda menggunakan kembali.

Matikan atau cabut perangkat yang digunakan

Flash disk, harddisk external, modem hingga bluetooth yang terhubung dengan laptop akan membuat daya penggunaan baterai meningkat karena harus mengaktifkan semua perangkat tersebut, jadi apabila sedang tidak digunakan maka disarankan untuk dilepaskan dari laptop.

Defrag harddisk

Penggunaan baterai pada harddisk akan semakin banyak apabila isi harddisk berantakan, gunakan program defrag agar segmentasi dalam harddisk lebih teratur sehingga baterai tidak terbeban dengan isi harddisk. hal ini juga berguna untuk mempercepat kinerja harddisk yang lambat.