Penyebab Asam Urat

Inilah Berbagai Penyebab Penyakit Asam Urat

TeknoFlas.com – Penyakit asam urat atau gout bisa menyerang siapa saja. Asam urat atau radang sendi disebabkan oleh akumulasi kristal asam urat pada sendi yang secara alami diproduksi oleh tubuh dalam bentuk purin. Purin sendiri banyak terkandung dalam bahan makanan seperti bayam, jamur, daging merah, hidangan laut serta jeroan.

Penyebab Asam Urat

Sebenarnya asam urat akan dikeluarkan melalui ginjal dalam darah. Namu, jika tubuh kita memproduksi asam urat terlalu banyak atau ginjal mengeluarkan terlalu sedikit asam urat, maka dapat menyebabkan tingginya kadar asam urat dalam darah yang selanjutnya membentuk akumulasi kristal yang terkumpul pada daerah persendian, dan menyebabkan radang. Penyakit penumpukan asam urat biasanya menyerang ibu jari kaki, pergelangan kaki, dan lutut.

Gejala Penyakit Asam Urat
Gejala peradangan akibat penumpukan kristal asam urat dapat berbeda pada setiap orang. Biasanya terjadi kemerahan pada sendi, bengkak, dan nyeri.Tingkat atau intesitas nyerinya juga dapat bervariasi.

Ada beberapa faktor lain pemicu penyakit asam urat selain makanan yang mengandung kadar purin yang tinggi dikutip dari Meet Doctor, yaitu

  1. Gaya hidup tidak sehat, seperti sering mengonsumsi minuman dengan kadar fruktosa yang tinggi dan/atau beralkohol.
  2. Menderita penyakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes, gangguan ginjal dan penyempitan pembuluh darah.
  3. Obesitas.
  4. Sering mengonsumsi jenis obat golongan tertentu seperti obat diuretik (obat yang berfungsi untuk mengeluarkan air dan garam dari tubuh) atau obat aspirin.
  5. Genetik. Riwayat keluarga yang memiliki riwayat penyakit penumpukan asam urat akan meningkatkan risiko Anda untuk mengalaminya juga.
  6. Jenis kelamin. Pria cenderung lebih sering mengalami peradangan akibat penyakit asam urat.
  7. Usia. Ketika memasuki usia menopause, wanita memiliki risiko dalam tingkat yang sama dengan pria untuk menderita radang akibat penyakit asam urat.
Baca Juga  Inilah Obat Herbal Untuk Menurunkan Asam Urat

Mendiagnosa asam urat bisa melalui tes darah dan urin. Pada tingkatan tertentu, mungkin juga dibutuhkan rontgen. Saat penyakit asam urat menyerang (dalam fase akut), obat penghilang rasa sakit dan anti peradangan bisa membantu menghilangkan nyeri atau bisa juga dengan meletakkan es di daerah yang sakit.

Jika tidak segera ditangani dengan baik, peradangan juga bisa merusak persendian, ginjal dan jaringan tubuh lainnya. Periksakanlah ke dokter apabila Anda mempunyai gejala nyeri sendi yang dicurigai akibat pemumpukan kristal asam urat pada sendi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *