TeknoFlas.com – Setiap harinya, Anda bisa menikmati begitu banyaknya makanan sesuai keingingan Anda. Namun jangan salahkan tubuh Anda kalau makanan tersebut hanya akan menimbun lemak dalam tubuh. Untuk itulah Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi.

Makanan Pembakar Lemak

Nah, untuk Anda yang menginginkan tubuh ideal tanpa harus berpantangan dengan makanan, Anda bisa menambahkan beberapa makanan berikut dalam menu diet yang sedang Anda lakukan. Dikutip dari Meet Doctor, hal tersebut dipercaya dapat membakar kalori dalam tubuh dengan jumlah yang banyak dan menyehatkan Anda.

Berikut beberapa makanan super lezat yang bisa membakar kalori dalam tubuh, diantaranya:

Jeruk Bali

Jeruk bali atau buah jeruk dipercaya dapat mempercepat metabolisme dan membantu membakar banyak kalori. Dengan mengonsumsi buah ini, Anda akan merasa lebih cepat kenyang dan membuat kenyang lebih lama dengan sedikit kalori yang dikonsumsi. Selain itu, jeruk sangat kaya serat yang juga sangat membantu tubuh dalam menstabilkan glukosa darah Anda. Anda dapat mengonsumsi jeruk dengan cara dibuat salad, smoothies atau minuman jus (tanpa gula).

Seledri

Seledri pun mempunyai khasiat yang sama, yaitu membantu membakar lebih banyak lemak. Seledri mengandung air, dan hal itulah yang menyebabkan seledri baik untuk diet Anda. Namun, Anda tidak bisa mengonsumsi seledri begitu saja. Namun, harus digabungkan dengan makanan lain.

Biji-bijian dan Gandum

Jenis biji-bijian dan gandum merupakan bagian yang baik untuk diet Anda. Dengan banyak mengonsumsi biji-bijian, Anda tidak akan merasa lapar selama beberapa jam. Semua jenis biji-bijian kaya akan vitamin, mineral, dan karbohidrat, namun rendah lemak.

Teh Hijau

Teh hijau juga merupakan minuman enak yang menyehatkan serta dapat membakar lemak pada tubuh. Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Biasanya wanita sangat menyukai teh hijau untuk menurunkan berat badan. Anda cukup menikmati secangkir teh hijau panas setiap hari untuk membakar lemak dalam tubuh.

Omega-3

Secara ilmiah omega-3 bertindak sebagai pembangkit metabolisme tubuh. Omega-3 adalah asam lemak yang dapat mempengaruhi tingkat hormon leptin yang mengontrol lemak untuk membakar lemak lebih cepat. Omega-3 bisa terdapat pada ikan tuna, salmon atau beberapa suplemen ikan lainnya.

Kopi

Hampir semua orang pernah mengonsumsi kopi, bahkan beberapa orang kecanduan akan minuman nikmat ini. Seperti kita ketahui bersama kafein dapat membuat jantung bekerja lebih cepat. Namun, Anda juga tidak disarankan terlalu banyak mengonsumsi kafein, walaupun dapat membakar lemak, dan Anda bisa mencoba kayu manis sebagai pengganti dari kopi.

Alpukat

Alpukat adalah buah yang dapat membakar lemak lebih cepat. Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat mempercepat metabolisme tubuh dan melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, alpukat juga memiliki banyak sekali manfaat. Diantaranya, mengurangi kadar kolesterol, namun jika mengonsumsinya dalam jumlah yang memadai, dapat menyembuhkan luka, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Makanan Pedas

Hampir semua makanan pedas dapat membantu membakar kalori lebih cepat daripada makanan lainnya. Anda bisa mengonsumsi sambal dan berbagai makanan pedas lainnya untuk membantu mempercepat pembakaran lemak pada tubuh Anda. Namun, jangan sampai terlalu banyak yang bisa menyebabkan Anda diare.

Beberapa jenis makanan di atas memang dapat membakar lemak pada tubuh lebih cepat jika dikonsumsi secara teratur. Namun, mengonsumsi makanan pembakar lemak yang diiringi oleh olahraga secara teratur pun akan membuat lemak pada tubuh terbakar lebih cepat lagi. Hal terpenting ialah, konsumsi makanan tersebut dengan cara yang benar dan tidak terlalu berlebihan, walaupun dianjurkan, supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.