TeknoFlas.com – Seperti diketahui bersama bahwa hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 telah diumumkan pada Selasa, 27 Mei 2014. Bagi mereka yang berhasil lulus maka tinggal bersiap mendaftar ke kampus masing-masing, namun bagi yang tidak lulus maka bisa mengikuti SBMPTN.

Masih ada jalan buat yang tidak lulus SNMPTN yaitu dengan mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014. Dr. Agus Wahyudin, MSi. selaku Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyebutkan bahwasanya SBMPTN juga merupakan seleksi nasional.

SBMPTN, Solusi Bagi Yang Tidak Lulus SNMPTN

Perbedaan antara SNMPTN dan SBMPTN adalah jika SNMPTN mendasarkan seleksi pada nilai rapor, nilai UN dan prestasi lainnya, maka SBMPTN menentukan kelulusan siswa berdasarkan hasil ujian tulis dan uji keterampilan untuk program studi seni/olah raga.

Siapa saja yang boleh mengikuti SBMPTN? menurut Agus Wahyudi peserta seleksi ini adalah lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat tahun 2012, 2013, dan 2014. Sedangkan pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online. Bagi yang akan mendaftar bisa mendaftarkan diri sampai 6 Juni mendatang.

Untuk mengetahui tata cara mendaftar SBMPTN dan informasi lengkap tentang SBMPTN silahkan mengunjungi situs resmi SBMPTN di laman http://sbmptn.or.id.