TeknoFlas.com – 100.000 Aplikasi di BlackBerry World – Pada akhir Januari 2013, tepatnya di saat launching BlackBerry 10, pihak BlackBerry mengumumkan klaim bahwa ada 70.000 aplikasi lebih yang tersedia untuk sistem operasi tersebut.

100.000 Aplikasi di BlackBerry World

Selang beberapa minggu berlalu, perusahaan BlackBerry kembali mengklaim, bahwa saat ini BlackBerry World sudah menampung 100.000 aplikasi BlackBerry 10. Hmm.. jumlah aplikasi untuk platform tersebut rupanya sudah melonjak jauh.

Tersedia beberapa aplikasi populer untuk BlackBerry 10, diantaranya adalah Kindle, WhatsApp, DropBox, Skype, Evernote, hingga layanan jejaring sosial Facebook, Twitter, Foursquare, dan LinkedIn. Tentunya ini akan cukup memanjakan para pengguna yang gemar bersosialisasi di dunia maya.

Bahkan BlackBerry juga sudah menyediakan beberapa game populer, seperti Where’s My Water, Angry Birds Star Wars, Plants vs. Zombies, N.O.V.A 3. Fruit Ninja , JetPack Joyride, Need for Speed, dan Cut The Rope.

“Konsumen terlihat senang dengan ketersediaan aplikasi yang ada, dan katalog aplikasi terus tumbuh, saat ini lebih dari 100.000 aplikasi. Tanggapan terhadap platform dan aplikasi BlackBerry 10 begitu menarik perhatian,” ungkap Martyn Mallick, Vice President, Global Alliances, BlackBerry, seperti dikutip dari BGR, Jumat (22/3/2013).

Namun perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi tersebut dibuat special untuk platform BlackBerry 10. Menurut pernyataan Mallick, pada awal Februari 2013, ada sekitar 40 persen aplikasi yang merupakan hasil porting dari aplikasi Android.

Kita ambil contoh aplikasi Skype pada BlackBerry 10 sebenarnya merupakan porting dari versi Android. Skype sendiri sudah memiliki aplikasi native untuk iOS, Android, dan Windows Phone, tetapi belum pernah hadir untuk platform BlackBerry.

BlackBerry World juga akan menyediakan konten musik, film, dan serial televisi. BlackBerry telah bermitra dengan perusahaan label musik hingga pemegang hak cipta film untuk menyediakan konten. Kemungkinan BlackBerry World telah dipersipkan untuk bersaing dengan toko konten multimedia iTunes Store dari Apple dan Play Store dari Google.