TeknoFlas.com – Bagi anda yang sering menggunakan smartphone atau tablet harus waspada, karena baru-baru ini ada sebuah penelitian yang mengungkap bahwa sering menggunakan smarphone di malam hari dapat berakibat meningkatnya berat badan.

Menurut sebuah penelitian di Amerika, bahwa perangkat smartphone dan tablet mengeluarkan cahaya biru yang bisa memicu rasa lapar. Efek dari paparan sinar biru yang muncul dari smartphone selama beberapa jam dapat meningkatkan rasa lapar bahkan ketika seseorang sudah makan.

Pakai Smartphone dan Tablet Bisa Bikin Gemuk

Seperti dikutip TeknoFlas dari Daily Mail Selasa (3/6/2014) disebutkan bahwa paparan sinar mulai berefek dari 15 menit setelah menggunakan smartphone hingga dua jam setelah makan.

Penelitian lain juga telah mengungkap bahwa paparan sinar biru dari smartphone dan tablet juga dapat mengurangi waktu tidur seseorang dan meningkatkan risiko insomnia.

Selain itu peneliti dari Northwestern University di Chicago juga menemukan efek lain dari paparan sinar biru yang berasal dari smartphone dan tablet. Selama tiga jam paparan sinar biru bisa meningkatkan rasa lapar dan mengganggu metabolisme glukosa.

Ivy Cheung selaku ketua peneliti menjelaskan bahwa penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengungkap mekanisme yang jelas antara paparan cahaya, rasa lapar, dan metabolisme tubuh. Bagimana menurut sahabat TeknoFlas?