TeknoFlas.com – Stroke, menjadi salah satu penyakit yang menjadi momok bagi masyarakat. Penyakit ini bisa menyerang siapapun di manapun pada saat apapun. Dikabarkan bahwa stroke juga bisa menyerang penderita insomnia.

Gejala Stroke

Penting sekali untuk mengenali gejala stroke bagi orang awam baik itu dialami orang lain maupun diri sendiri. Hal ni berguna agar cepat ditangani gejala stroke sehingga dapat mencegah dampak terburuk seperti kelumpuhan akibat stroke.

Dikutip dari Meet Doctor, berikut ini gejala utama dari stroke adalah sebagai berikut:

  1. Mati rasa yang tiba-tiba terjadi, rasa menggelitik, lemah, atau hilangnya pergerakan di wajah, lengan, atau kaki, terutama jika hanya terjadi di salah satu sisi tubuh.
  2. Perubahan mendadak pada penglihatan.
  3. Tiba-tiba sulit berbicara.
  4. Kebingungan atau sulit memahami perkataan sederhana yang dilontarkan orang lain secara tiba-tiba.
  5. Tiba-tiba sulit berjalan atau menyeimbangkan tubuh.
  6. Sakit kepala parah yang mendadak dan berbeda dari sakit kepala sebelumnya.

Gejala yang muncul bergantung pada penyebab terjadinya stroke, apakah karena penyumbatan darah (ischemic stroke) atau pendarahan otak (hemorrhagic stroke), di mana lokasi stroke di otak terjadi, dan seberapa serius stroke yang dialami.

Stroke sendiri terjadi ketika aliran darah menuju otak terhambat atau mengalami kebuntuan sehingga merusak kontrol gerakan, persepsi, bicara, hingga merusak mental dan fisik. Orang yang mengalami serangan stroke juga dapat kehilangan kesadaran. Stroke sendiri biasanya terjadi tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa jam diawali dengan gejala samar yang semakin menyebar hingga pada titik tangan dan kaki yang tidak dapat digerakkan.

Kenali berbagai gejala stroke seperti yang telah disebutkan di atas dan jangan tunda memberikan pertolongan pada orang yang terkena serangan. Segera hubungi ambulan dan jangan memindahkan korban dari lokasi terjatuh dan jaga agar korban tidak kehilangan kesadaran.