TeknoFlas.com – Keracunan makanan bukan berita baru lagi di masyarakat. Seringkali kita melihat berita keracunan akibat mengonsumsi hidangan yang mengandung bakteri atau sudah kadaluwarsa. Gejala yang umum dialami adalah mual, muntah, pusing, sakit perut hebat, serta lemas dan diare hebat.

Cuka Apel

Gejalan keracunan makana ini bisa berbahaya jika tidak segera ditangani. Biasanya penderita keracunan sering diberi minum air kelapa sebanyak-banyaknya untuk menetralkan racun, dan untuk mencegah dehidrasi. Ada beberapa jenis bahan alami lain yang dapat membantu meringankan gejala keracunan makanan dikutip dari Sidomi, Jumat (06/06/2014):

Jahe

Minumkan air jahe sebanyak yang bisa diminum oleh penderita keracunan makanan, sebab bahan alami ini baik untuk menyembuhkan masalah pencernaan. Ia akan menetralkan racun yang terlanjur masuk ke dalam perut dan membuangnya lewat urine.

Lemon

Lemon dengan kandungan asam tinggi juga dapat diminumkan pada penderita keracunan makanan, dan zat tersebut akan membantu membunuh bakteri dalam pencernaan. Beri sedikit gula sebagai tambahan tenaga bagi penderita yang mengalami lemas.

Cuka apel

Cuka apel memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, dan membantu atasi keracunan makanan. Minumkan dengan tambahan air putih yang cukup sebab ia akan berfungsi membunuh bakteri di pencernaan pula. Cuka apel juga akan membantu menguatkan lapisan gastrointestinal.

Daun basil

Daun basil memiliki manfaat lain untuk membantu membunuh bakteri penyebab keracunan makanan. Caranya cukup rebus daun ini bersama dengan beberapa gelas air, dan minumkan air rebusannya dengan tambahan madu.