TeknoFlas.com – Saat ini memang sedang santer-santernya dibicarakan tentang informasi CPNS. Kabar sebelumnya menyatakan bahwa pendaftaran CPNS dibuka minggu ketiga Juni. Pelaksanaan tes CPNS 2014 akan menggunakan sistem baru yakni CAT (Computer Assisted Test).

CPNS 2014

Penggunaan sistem CAT ini secara otomatis untuk pelaksanaan tes CPNS tidak dilakukan secara serentak lagi, sesuai jadwal yang ditetapkan Panselnas.

Dikutip dari JPNN, Senin (09/06/2014), Herman Suryatman selaku (KemenPAN-RB) menyatakan bahwa, pelaksanaan ujian pengadaan CPNS akan dimulai akhir Juli hingga Oktober 2014. “Pelaksanaan tes kompetensi dasar (TKD) untuk instansi pusat dimulai akhir Juli. Sedangkan daerah mulai awal Agustus,” ungkap Herman kepada JPNN, Senin (8/6).

Dalam seleksi CPNS, ada tiga komponen materi TKD yang akan diujikan yakni, tes intelegensia umum, tes wawasan kebangsaan, dan tes karakteristik pribadi.

Selain TKD, pemerintah juga memberlakukan tes kompetensi bidang (TKB) untuk formasi tertentu misalnya tenaga guru, dosen, penyuluh, dokter, dan lain-lain.

“Masih ada kesempatan banyak bagi pelamar untuk mempersiapkan diri. Dengan sistim CAT, siapa yang pintar pasti akan lulus. Sekarang tidak pakai uang dan orang dalam, jadi peserta harus sangat siap karena tidak ada yang bisa menolong selain diri sendiri,” pungkasnya.