Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet

TeknoFlas.com – Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tetap Awet. Bagi pengguna laptop, Anda harus tahu bahwa tidak semua kerusakan laptop terjadi pada software, namun bisa pada hardware. Hal yang sering kita jumpai adalah baterai yang cepat drop atau habis dayanya. Padahal baru menggunakannya 1-2 jam untuk aktivitas kerja.

Baterai Laptop

Nah, Anda harus mengetahui tips merawat baterai agar awet. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli baterai yang harganya lumayan mahal. Berikut adalah tips untuk menjaga performa baterai laptop yang dikutip dari jalantikus:

1.Letakkan pada tempat yang keras

Panas adalah salah satu penyebab dari menurunnya performa baterai, jangan taruh laptop di tempat yang empuk seperti kasur atau bantal yang menyerap panas karena panas yang keluar akan terserap dan diam di laptop.

2. Gunakan listrik dengan tegangan stabil

Ketika charge baterai, perhatikan listrik yang dikonsumsi oleh adaptor. Tegangan listrik yang tidak stabil akan membuat adaptor rusak dan performa dari baterai drop.

3. Defrag Hard Disk

Lakukan defrag hard disk secara rutin, dengan melakukan hal tersebut maka kinerja hard disk akan lebih baik dan otomatis mengurangi beban penggunaan baterai. Defrag hard disk dapat menggunakan software Auslogics Disk Defrag.

4. Hibernate dan Standby

Hibernate lebih irit penggunaan baterai daripada Standby, karena beberapa service akan di-non-aktifkan sementara saat mode hibernate.

5. Hard Disk dan CD-ROM

Lebih banyak menggunakan hard disk lebih hemat baterai daripada menggunakan CD-ROM yang lebih boros dalam pemakaian.

6. Kontak Baterai

Rutin membersihkan kontak baterai menggunakan kain yang dibasahi alkohol akan membuat kontak bersih dan transfer daya listrik lebih optimal.

7. Power Option

Baca Juga  Tips Memilih Laptop Yang Baik

Pilih pilihan Optimize, karena akan menampilakn efek maksimal dengan penggunaan maksimum baterai.

8. External Device

External Device seperti hard disk external, wifi, bluetooh dan lainnya akan menguras penggunaan baterai anda. Jika tidak sedang digunakan sebaiknya dilepas dari laptop.

9. RAM

Semakin besar RAM maka semakin irit penggunaan baterai, karena performa laptop akan lebih ringan dengan RAM yang besar, dengan begitu baterai juga berkurang beban penggunaanya.

Setelah Anda membaca dan memahami tips diatas, Anda bisa melanjutkan membaca tips menghemat baterai laptop agar performanya stabil dan bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *