Teknoflas.com – Nokia XL Android asalah salah satu senjata andalan Microsoft Device untuk menggempur pasar kelas menengah di negara berkembang. Sebelumnya Microsoft telah merilis Nokia X Android terlebih dahulu dan terbukti mendapat sambutan positif dari konsumen di sejumlah negara.

Nokia XL
Nokia XL

Harga Nokia XL Android terbaru Juli 2014 mengalami penurunan yang cukup drastis, yakni dari Rp 2,1 juta menjadi hanya Rp 1,8 jutaan. Penurunan harga Nokia XL Android ini cukup wajar dilakukan oleh Microsoft untuk membuat smartphone tersebut tetap kompetitif dan dapat bersaing di pasar.

Nokia XL dipersenjatai dengan bentang layar sentuh 5 inci dengan resolusi 480 x 800 piksel dengan kepadatan layar mencapai 187 piksel per inci berteknologi IPS LCD. Spesifikasi seperti ini membuat tampilan layarnya kurang padat dan tajam.

Smartphone ini didukung oleh ruang simpan internal berkapasitas 4GB yang dapat diperluas hingga maksimal 32GB berkat hadirnya slot microSD. Nokia XL juga didukung fitur standar smartphone, yakni hadirnya Bluetooth, WiFi, 3G HSPA, dan dual SIM.

Nokia XL Android ini menawarkan performa yang tak jauh berbeda dengan Nokia X yang lebih dulu hadir dengan dukungan prosesor dual-core berkecepatan 1GHz dari Qualcomm Snapdragon yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 768MB. Kinerja grafis Nokia XL cukup standar berkat dukungan pengolah grafis dari Adreno 203.

Sama seperti Nokia X, Nokia XL ini menggunakan sistem operasi Nokia X Platform berbasis Android 4.1.2 Jelly Bean. Sayangnya, Nokia XL dipastikan tak mendapat update ke Nokia X Platform 2.0 yang diusung oleh Nokia X2.