TeknoFlas.com – Ketika puasa ramadhan datang sering kali kita merasakan perut yang kembung dan begah, hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor di antaranya adalah karena naiknya asam lambung. Lantas apa penyebab naiknya asam lambung? bisa jadi karena kita salah makan dan juga bisa karena anda langsung tidur setelah anda makan sahur.

Inilah Makanan Untuk Mencegah Perut Kembung Saat Puasa

Untuk mencegah perut kembung saat puasa bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi beberapa jenis makanan saat sahur yang memang terbukti ampuh untuk menghindarkan anda dari perut kembung. Apa saja makanan untuk mencegah perut kembung tersebut? berikut ulasannya yang dikutip TeknoFlas dari laman Boldsky, Senin (07/07/2014).

1. Konsumsi 4-6 buah stroberi, makan buah stroberi ketika sahur bisa menjadi alternatif terbaik untuk menyingkirkan gas penyebab perut kembung. Mengonsumsi buah stroberi saat sahur dapat mencegah ketidaknyamanan gangguan perut kembung.

2. Lidah buaya, minum jus lidah buaya saat sahur dapat mencegah perut kembung. Lidah buaya adalah tanaman herbal yang baik untuk merangsang sekresi asam klorida dan enzim pencernaan dalam perut. Hal ini mampu menurunkan terjadinya pembentukan gas.

3. Konsumsi cuka sari apel, minum cuka sari apel dapat mencegah perut kembung ketika menjalankan ibadah puasa. Hanya dengan mencampurkan 1-2 sdm cuka sari apel ke dalam segelas air hangat kemudian diminum saat sahur untuk mencegah pembentukan gas. Namun sayangnya cuka apel memiliki efek yang kurang baik untuk kesehatan gigi.

4. Lemon atau jeruk nipis, air lemon atau air jeruk nipis dapat Anda gunakan untuk mencegah perut kembung saat puasa. Sebab lemon merangsang produksi asam klorida yang bermanfaat untuk mencegah pembentukan gas penyebab perut kembung.

5. Konsumsi daun mint, kandungan minyak aromatik dalam daun mint bermanfaat untuk mencegah perut kembung. Oleh karena itu Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun mint saat sahur agar terhindar dari kembung saat puasa.