Teknoflas.com – Nokia telah diakuisisi oleh Microsoft dan namanya berubah menjadi Microsoft Devices. Kendati telah menjadi milik Microsoft, perusahaan tersebut tetap berkomitmen dengan jajaran smartphone Android atau X series. Nokia X Android adalah salah satu smartphone andalan di kelas entry-level.

Nokia X
Nokia X

Saat ini harga smartphone Nokia X Android terbaru Juli 2014 berdasarkan informasi dari toko online Lazada Indonesia adalah Rp 1.299.000 atau tepatnya Rp 1,3 juta. Harga ini jauh mengalami penurunan jika dibandingkan dengan harga smartphone tersebut ketika dirilis, yakni Rp 1,6 juta.

Ponsel pintar Nokia X dibekali dengan bentang layar sentuh 4 inci dengan resolusi 480 x 800 piksel dengan kepadatan layar mencapai 233 piksel per inci berteknologi panel IPS. Spesifikasi layar Nokia X ini cukup standar di kelasnya, tetapi bisa dikatakan cukup mampu bersaing.

Sektor performa, Nokia X Android ini merupakan salah satu yang terbaik di kelas Rp 1,3 juta berkat sokongan prosesor dual-core berkecepatan 1GHz dari Qualcomm Snapdragon 200 yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 512MB. Kinerja grafis Nokia X juga cukup tinggi berkat dukungan pengolah grafis dari Adreno.

Tak hanya itu, Nokia X juga didukung fitur standar smartphone, yakni hadirnya Bluetooth, WiFi, 3G HSPA, dan dual SIM. Smartphone Nokia X ini dibekali dengan ruang simpan internal berkapasitas 4GB yang dapat diperluas hingga maksimal 32GB berkat hadirnya slot microSD.

Sektor kamera, Nokia X mengusung kamera dengan resolusi 3 megapiksel yang menghadap ke belakang pada Nokia X. Sayangnya, Nokia X tidak disertai dengan kamera depan untuk video call. Nokia X disokong baterai berkapasitas 1500mAh.

Salah satu kelemahan Nokia X ini adalah sistem operasi yang digunakan tak dapat di-upgrade ke Nokia X Platform 2.0 yang digunakan oleh ponsel pintar Nokia X2 Android. Kendati demikian, Nokia X ini tetap layak dipertimbangkan di kelas entry-level.