TeknoFlas.com – Kabar terbaru menyebutkan bahwa jadwal penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 kembali diundur. Pemerintah sedianya akan menyelenggarakan seleksi lowongan CPNS pada minggu ketiga bulan Juli 2014 ini, namun ternyata kembali mengalami penundaan.

Dikutip TeknoFlas dari laman Solo Pos, Kamis (17/7/2014), berdasarkan data di website resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) pendaftaran seleksi CPNS 2014 akan dibuka pada akhir Agustus 2014 mendatang.

Jadwal Pendaftaran CPNS 2014 Mundur Hingga Akhir Agustus

Sementara itu, Deputi Sumberdaya Manusia (SDM) Aparatur Kementrian PANRB Setiawan Wangsaatmadja menyebutkan, rincian usulan tersebut dilakukan agar penetapan dan persetujuan rincian formasi CPNS oleh Menteri PANRB kepada instasi dapat dilaksanakan sesuai jadwal, yakni pekan kedua Agustus 2014.

Instansi yang membuka formasi CPNS dapat mengumumkan lowongan formasi antara tanggal 11 sampai 24 Agustus 2014.

“Tahapan berikutnya adalah pendaftaran secara online, pada tanggal 25-29 Agustus 2014,” ujar Setiawan di Jakarta, Kamis (17/7/2014).

Pendaftaran CPNS secara online dapat dilakukan pada tanggal 25-29 Agustus 2014 melalui portal nasional http://panselnas.menpan.go.id. Sesuai jadwal sementara, pelaksanaan seleksi CPNS baik tes kemampuan dasar (TKD) maupun tes kemampuan bidang (TKB) akan dimulai pada tanggal 1 September 2014. Untuk melaksanakan tes tersebut, semua instasi menggunakan sistem computer assisted test atau CAT. Sedangkan untuk pelaksanaannya tergantung pada jumlah pelamar dan kapasitas instalasi CAT yang ada.

Dalam situs resmi menpan.go.id, Kamis (17/7/2014), Setiawan mengatakan instansi yang telah selesai mengadakan tes dapat langsung menyerahkan hasil TKD kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Selanjutnya, Panselnas akan menyampaikan hasil TKD dan hasil integrasi TKB kepada instansi, satu minggu setelah instansi menyampaikan hasil TKD dan TKB ke Panselnas.

Dalam situs tersebut juga disampaikan bahwa jadwal seleksi penerimaan CPNS yang telah dirilis masih bersifat sementara, artinya jadwal dapat juga berubah sesuai dengan perkembangan.