Teknoflas.com – Setelah sekian lama ditunggu-tunggu kehadirannya, vendor asal China yang kerap dijuluki Apple China ini akhirnya menggelontorkan ponsel cerdas canggih terbarunya melalui seri Xiaomi Mi4. Bocoran spesifikasi Xiaomi Mi4 beberapa waktu lalu ternyata banyak yang meleset.

Xiaomi Mi4
Xiaomi Mi4

Saat peluncuran di negara asalnya, Xiaomi Mi4 ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau di kelasnya, yakni $320 atau sekitar Rp 3,7 juta. Harga yang ditawarkan oleh Xiaomi Mi4 ini tak jauh berbeda dengan pendahulunya, yakni Xiaomi Mi3. Spesifikasi Xiaomi Mi4 sendiri tak banyak berubah dibandingkan dengan Xiaomi Mi3.

Xiaomi Mi4 ini dilengkapi dengan bentang layar sentuh 5 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel yang menggunakan teknologi layar IPS. Xiaomi Mi4 menggunakan sistem operasi Android 4.4 KitKat dengan tampilan yang didesain khusus oleh Xiaomi, yakni MIUI v6.

Performa Xiaomi Mi4 ini cukup tinggi berkat tenaga dari prosesor quad-core berkecepatan 2,5 GHz dari Qualcomm Snapdragon 801 yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 3GB. Kinerja Xiaomi Mi4 dalam memainkan game tak perlu disangsikan lagi berkat pengolah grafis Adreno 330 yang tersemat di dalamnya.

Xiaomi Mi4 ini dilengkapi dengan ruang penyimpanan berkapasitas 16GB/64GB tanpa dukungan slot microSD. Hal ini adalah salah satu kelemahan utamanya. Pengguna tak akan dapat melakukan ekspansi memori eksternal untuk menambah daya tampungnya.

Sisi kamera, Xiaomi Mi3 ini mengandalkan kamera utama dengan resolusi 13 megapiksel yang berada di belakang yang dilengkapi dengan sensor Exmor RS, fitur autofokus, LED flash, dan sebuah kamera depan untuk video chat dan foto selfie dengan resolusi 8 megapiksel.

Sayangnya samapi berita ini diturunkan, tak diketahui kapan Xiaomi akan mulai memasarkan smartphone Mi4 andalannya. Belum ada keterangan kapan akan dirilis ke pasar global.