TeknoFlas.com – Puncak arus mudik yang diperkirakan jatuh pada Jum’at (25/7/2014) ternyata telah membuat sepanjang Jalan Raya Sadang menuju perempatan Sadang, Purwakarta, Jawa Barat mengalami kemacetan total. Rata-rata para pemudik menggunakan mobil pribadi dan juga bus AKAP serta AKDP mulai memadati dua jalur Jalan Raya Purwakarta-Cikampek.

Cikampek-Purwakarta Macet Total Di Puncak Arus Mudik 2014

Kemacetan terjadi di jalan itu akibat dari adanya pengalihan arus lalu lintas dari simpang empat Cikoko. Para pemudik yang lewat jalan tersebut, mayoritas ingin melanjutkan perjalanan dari arah Jakarta menuju pantai utara Jawa (Pantura).

AKBP Slamet Hariyadi selaku Kapolres Purwakarta menjelaskan, arus lalu lintas di wilayahnya memang sudah diatur sedemikian rupa agar kepadatan lalu lintas tidak terpusat pada satu titik jalan.

Beliau juga mengungkapkan, petugas dari Satlantas Polres bersama Dinas Perhubungan kini telah membagi empat jalur mudik. Hal ini karena Purwakarta menjadi keran pengaturan jalur mudik di bagian tengah, utara dan selatan setiap momentum arus mudik Lebaran tiba.

“Untuk merekayasa lalu lintas, semua pemudik dari arah barat atau Jakarta yang akan menuju jalur Pantura telah dialihkan ke jalur tengah,” ujar Slamet. Dimulai dari Simpang Cikoko, pengemudi mobil dari arah Jakarta diimbau belok ke kanan menuju perempatan Sadang.

Setelah sampai di perempatan Sadang lalu ambil jalan menuju Subang, kemudian berjalan ke arah pertigaan Cijelang agar bisa menuju ke jalur utara lagi. “Kita menerapkan hal ini semata-mata untuk mengurai kepadatan lalin,” AKBP Slamet.