Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Id Hari Raya Idul Fitri

Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Id Hari Raya Idul Fitri

TeknoFlas.com – Hari kemenangan akan segera tiba, umat Islam seluruh dunia akan merayakannya dengan menyambut hari lebaran. Seperti biasanya pada 1 Syawal nanti dalah hari yang penuh kegembiraan setelah melakukan ibadah puasa selama sebulan penuh lamanya.

Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, orang tua, semua pada 1 Syawal akan besama-sama melakukan shalat id. Biasanya mereka melakukan sholat Id di tanah terbuka atau di masjid agung. Setelah melakukan shalat barulah seluruh umat saling bermaaf-maafan.

Bacaan Niat dan Tata Cara Sholat Id Hari Raya Idul Fitri

Shalat sunnah Idul Fitri terdiri dari 2 (dua) rakaat. Rokaat pertama diawali dengan takbirotul ihrom ditambah 7x takbir. Sementara rakaat kedua 5 (lima) kali takbir.

Adapun niat shalat Idul Fitri jika sebagai IMAM adalah : Ushalli sunnatan li’idil fitri rok’ataini imaman lillahi ta’ala. yang  artinya “niat shalat sunnah Idul Fitri dua rakaat sebagai imam karena Allah Taala”

Sedangkan niat sholat id sebagai MAKMUM : Ushalli sunnatan li’iidil fitri rok’ataini makmuman lillahi ta’ala.  Yang artinya “niat shalat sunnah Idul Fitri dua rakaat sebagai makmum karena Allah Taala”

Untuk tata cara sholat id sendiri adalah sebagai berikut:

Bacaan Rakaat pertama:

  • Baca takbirotul ihram (takbir permulaan shalat) dengan niat shalat.
  • Membaca doa iftitah.
  • Membaca takbir 7 (tujuh) kali (selain takbirotul ihram).
  • Membaca Al-Fatihah.
  • Membaca surat Al-Quran.

Bacaan Rakaat kedua:

  • Membaca takbir 5 (lima) kali.
  • Membaca Al-Fatihah
  • Membaca surat Al-Quran.

Setiap takbir saat shalat Idul Fitri baik rakaat pertama atau kedua disunnahkan membaca tasbih yaitu:

Subhanallah Walhamdulillah Walailaha Illallah Wallahu Akbar. (Mahasuci Allah dan segala puji bagi Allah dan tiada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar) Setelah sujud rakaat kedua, diikuti dengan tahiyat (tasyahud) akhir dan diakhiri dengan salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *