TeknoFlas.com – China dilanda bencana gempa pada hari Minggu (3/8/2014) waktu setempat pada kawasan Tiongkok barat daya, gempa dahsyat dengan berkekuatan 6,3 SR tersebut setidaknya menewaskan 367 orang dan 1.881 lainnya luka-luka. Gempa yang mengguncang wilayah terpencil Provinsi Yunnan tersebut juga menyebabkan ribuan bangunan roboh termasuk fasilitas umum seperti sekolah.

Gempa Bumi China Tewaskan Ratusan Warga

Media pemerintah Tiongkok mengatakan gempa itu dirasakan paling kuat di Yunnan. Provinsi lainnya yang turut merasakan efek guncangan tersebut adalah Guizhou dan Sichuan. Berdasarkan keterangan yang dikeluarkan Survei Geologi Amerika Serikat menyebutkan, gempa tercatat berpusat di kedalaman kurang dari satu mil (1,6 km).

Setelah kejadian gempa, tim penyelamat segera tiba dan melakukan evakuasi. Kantor berita resmi Xinhua melaporkan bahwa pusat gempa berada di Kota Longtoushan di kota pegunungan Ludian, Yunnan.

Gempa yeng terjadi kali ini mengakibatkan lebih dari 12.000 rumah roboh dan 30.000 rumah lainnya mengalami kerusakan. Untuk tahap awal ini, pemerintah Tiongkok sudah mengirimkan 2.000 tenda, 3.000 tempat tidur lipat, 3.000 selimut dan 3.000 mantel ke zona bencana. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hujan deras yang diperkirakan akan mengguyur kawasan tersebut.

Kejadian gempa China ini bukanlah yang pertama kalinya. Sebelumnya pernah terjadi kejadian hebat yang melanda kawasan itu dengan korban tewas mencapai 1.400 orang di bagian yang sama pada tahun 1974. Gempan juga kembali terjadi di Sichuan pada tahun 2008 dengan korban tewas mencapai 70.000 orang.