TeknoFlas.com – Pendaftaran CPNS 2014 secara resmi bisa dilakukan secara online melalui situs resmi Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) dengan alamat http://panselnas.menpan.go.id. Tahun ini pemerintah membuka lowongan CPNS secara nasional termasuk Kementrian Keuangan yang akan membuka sekitar 9000 Lowongan.

Kemenkeu Akan Buka 9000 Lowongan CPNS

Penerimaan CPNS dipastikan akan dimulai pada akhir Agustus 2014. Herman Suryatman selaku Kepala Biro Hukum, Informasi dan Komunikasi Publik mengatakan bahwa hingga saat ini masih saja ada Kementerian dan Lembaga baik pusat maupun daerah yang belum menyampaikan rincian formasi.

Meski demikian dirinya memastikan bahwa proses penerimaan tetap akan berjalan sesuai rencana. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) salah satunya, merencanakan akan menyediakan lowongan 9.000 CPNS. Nantinya para CPNS yang masuk akan disebar sesuai dengan kebutuhan eselon di Kemenkeu.

Kiagus Ahmad Badaruddin Selaku Sekretaris Jenderal Kemenkeu mengatakan bahwa Kemenkeu menyediakan sekitar 9.000 lowongan. Porsi terbesar adalah untuk Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC). Ada sekitar 6.000 lowongan yang tersedia. Demikian seperti dikutip TeknoFlas dari Detik, Selasa (05/08/2014).

“Ini karena memang kebutuhan, makanya DJP dan DJBC diberikan lebih besar. Sekitar 6.000 PNS yang akan diterima,” ungkapnya.

Badaruddin menambahkan, mekanisme pendaftaran hingga tes umum akan mengikuti sistem dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). Sementara untuk tes bidang, secara khusus akan ditangani oleh Kemenkeu.