TeknoFlas.com – Kabar baik bagi Anda yang hendak mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014. Pasalnya, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) secara resmi telah mengeluarkan jadwal penerimaan CPNS tahun 2014.

Dikutip TeknoFlas dari laman JPNN, Rabu (6/8/2014), berdasarkan surat resmi Menteri PAN-RB nomor B/2870/M.PANRB/7/2014, pendaftaran CPNS 2014 rencananya akan mulai pada 20 Agustus hingga 3 September 2014 2014 mendatang.

Jadwal CPNS 2014: Pendaftaran CPNS Online Mulai 20 Agustus 2014

Proses pendaftaran CPNS tahun 2014 ini akan cukup berbeda dari sebelumnya. Hal ini disebabkan karena pendaftaran tahun ini tidak lagi dilakukan berpencar-pencar sesuai instansi, tapi akan dilakukan melalui satu pintu atau sistem single entry.

Untuk itu peserta diwajibkan mendaftar melalui satu aplikasi pendaftaraan yang seragam melalui situs resmi panselnas.menpan.go.id.

Baca Juga:

Sementara itu, untuk proses seleksi Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB) akan mulai dilakukan pada tanggal 8 September 2014 hingga selesai. Seleksi akan disesuikan dengan instansi masing-masing.

“Masih ada kemungkinan berubah. Sebab, hingga saat ini belum semua instansi menyerahkan rincian formasi mereka,” ujar Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman di Jakarta, kemarin.

Hingga kemarin, baru 34 instansi baik pusat maupun daerah yang menyerahkan rincian formasi mereka. Herman menegaskan, pihaknya akan mendorong agar seluruh instansi dapat menaati jadwal penyerahan rincian formasi hingga 8 Agustus nanti.

“Karenanya, untuk mensiasati kondisi ini, penetapan formasi akan dilakukan bertahap. Kita harapkan jadwal CPNS 2014 ini tidak akan mundur lagi,” tuturnya.

Sebagai tambahan informasi, pada tahun ini pemerintah menyediakan sebanyak 100 ribu formasi Aparatur Sipil Negara (ASN), yang terdiri atas 65 ribu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 35 ribu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Sebanyak 25 ribu formasi CPNS disiapkan untuk instansi pemerintah pusat. Sedangkan 40 ribu formasi CPNS untuk pemerintah daerah.

Sementara untuk PPPK, terdiri dari 10 ribu lowongan untuk pemerintah pusat dan 25 ribu untuk pemerintah daerah.