TeknoFlas.com – Baru-baru ini Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2014 serta sebagai penghargaan atas jasa ibu Negara—first lady—Indonesia, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bekerjasama dengan PT Pos Indonesia, pada hari Rabu (6/8/2014) kemarin telah meluncurkan perangko seri Ibu Negara RI di Gedung Sasana Kriya, TMII, Jakarta Timur.

Perangko Seri Ibu Negara RI Resmi Diluncurkan Pos Indonesia

Siapakah sosok ibu Negara yang selalu mendampingi dan menguatkannya kepala Negara yang di abadikan dalam seri perangko Pos Indonesia? Berikut adalah 5 sosok ibu Negara tersebut :

Ibu Fatmawati Soekarno, Sosok ibu negara Republik Indonesia tahun 1945 – 1967. Ibu Fatmawati yang dilahirkan di Bengkulu pada tanggal 5 Februari 1923 ini dikenal sebagai ibu negara yang bersahaja, menyayangi keluarga, dan suka menolong. Selain sebagai ibu Negara, Ibu Fatmawati juga terkenal sebagai orang yang yang menjahit bendera merah putih yang digunakan saat upacara proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Ibu Fatmawati dianugerahi gelar Pahlawan Nasional atas jasa-jasanya kepada negara.

Ibu Tien Soeharto, Ibu negara Republik Indonesia tahun 1967 – 1996. Ibu Tien dilahirkan dengan nama RA Siti Hartinah pada tanggal 23 Agustus 1923 di Surakarta. Selain sebagai ibu Negara, Ibu Tien juga dikenal sebagai penggagas berdirinya Taman Mini Indonesia Indah. Pembangunan ini terinspirasi dari seringnya mengikuti kunjungan ke luar negeri Pak Harto. Ibu Tien Soeharto kemudian dinyatakan sebagai Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Republik Indonesia tidak lama setelah wafatnya.

Ibu Ainun Habibie, Ibu negara Republik Indonesia tahun 1998 – 1999. Beliau adalah ibu Negara dari presiden ketiga Indonesia. Nama aslinya adalah Hasri Ainun Besari, yang diberikan oleh orangtua Ibu Ainun ketika putri cantiknya ini dilahirkan pada tanggal 11 Agustus 1937 ini. Ainun artinya “mata yang indah”. Ibu Ainun memiliki kepedulian besar pada mata. Ia terlibat dalam beberapa organisasi penyantun mata bagi tunanetra. Lulusan kedokteran ini juga sempat bekerja sebagai dokter anak. Selain itu, Ibu Ainun juga dikenal sebagai sosok ibu yang sangat bertanggungjawab. Ibu Ainun juga memiliki peran besar terhadap negara. Ia mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputera Utama, Bintang Mahaputera Adipurna dan Bintang Republik Indonesia Adipradana.

Ibu Sinta Nuriyah Wahid, Ibu negara Republik Indonesia tahun 1999 – 2001. Dilahirkan di Jombang pada tanggal 8 Maret 1948. Lahir dan dibesarkan di lingkungan dengan pendidikan agama yang ketat mengantarkan Ibu Sinta menjadi istri Abdurrahman Wahid yang akrab dipanggil Gus Dur. Pada saat menjadi ibu Negara, Ibu Sinta menghadapi tahun-tahun tersulit yang dialami oleh Republik Indonesia. Ibu Sinta juga dikenal sebagai tokoh pendidik dan sosok pejuang hak perempuan. Ia terlibat secara aktif dalam kegiatan-kegiatan yang memperjuangkan hak perempuan dan pemberian santunan sosial.

Ibu Ani Yudhoyono, Ibu negara Republik Indonesia tahun 2004 – 2014. Nama lengkapnya adalah Kristiani Herrawati, yang dilahirkan di Yogyakarta, 6 Juli 1952 dari keluarga tentara. Ibu Ani aktif dalam berbagai kegiatan sosial, budaya, pendidikan, kepedulian lingkungan dan perlindungan anak. Berbagai pernghargaan pernah diberikan kepada ibu negara ini, antara lain Bintang Republik Indonesia Adipradana dan Pin Emas dari Kementrian Negara Pemberdayaan Perempuan dan M. Yunus. Selain itu, Ibu Ani juga dikenal memiliki ketertarikan yang besar dalam fotografi dan media social.

Dalam acara peluncuran perangko seri ibu Negara RI tersebut dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Ibu Negara Ny. Ani Yudhoyono, Presiden ke-3 RI B.J. Habibie, isteri mendiang Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah, putra mendiang Presiden ke-1 RI Soekarno, Guruh Soekarnoputra dan putri mendiang Presiden ke-2 RI Soeharto, Siti Hardiyanti Rukmana. Bagaimana? sahabat TeknoFlas tertarik untuk mengkoleksinya? silahkan datang ke kantor Pos terdekat untuk mendapatkannya.