TeknoFlas.com – Entah karena bentuk atau apa, terkadang air liur dianggap remeh oleh kabanyakan orang. Hanya sedikit orang yang mengetahui manfaat dari air liur, salah satunya adalah sebagai alat pendeteksi penyakit maupun pendeteksi masa subur. Tahukah anda jika air liur ternyata bisa mendeteksi kanker?

Kanker Bisa Dideteksi Melalui Air Liur

Sebuah penelitian mengungkap bahwa tes air liur akan segera menjadi salah satu tes yang bisa digunakan untuk mendeteksi banyak penyakit, mulai dari tekanan darah hingga kanker. Tentunya hal ini sangat menguntungkan karena air liur sangat mudah didapatkan dan mudah diperiksa. Tidak hanya itu saja, tes air liur juga jauh lebih murah dibandingkan dengan tes lain yang memakan banyak biaya. Demikian seperti dikutip TeknoFlas dari Care2, Rabu (06/08/2014).

Diperkirakan dalam waktu lima sampai 10 tahun lagi tes air liur bisa digunakan untuk mendeteksi di mana peradangan terjadi dan apa penyebabnya. Hal ini disampaikan oleh peneliti Bjorn Klinge dari Department of Periontology di Karolinska Institute, Stockholm.

Air liur dari 1.000 orang Swedia dipelajari oleh Klinge dan rekannya untuk mencari biomarker yang bisa digunakan untuk mendeteksi penyakit berbahaya. Penelitian ini menemukan bahwa air liur memiliki biomarker untuk bisa mengetahui risiko penyakit serius seperti diabetes, penyakit usus, penyakit otot dan sendi, tumor, serta berbagai macam peradangan yang berkaitan oleh penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Penemuan ini tak hanya bisa menjadi metode revolusioner yang bisa mempermudah manusia di masa depan untuk mendeteksi penyakit yang mematikan, namun juga menjadi metode yang bisa dijangkau oleh semua kalangan, baik orang yang berpunya maupun kalangan dengan ekonomi menengah ke bawah yang seringkali kesulitan mendapatkan akses untuk memeriksakan penyakit mereka.