Tips aki kering awet dan tahan lama

Tips Agar Aki Kering Awet dan Lebih Tahan Lama

TeknoFlas.com – Aki Kering atau lebih dikenal dengan aki yang tidak lagi memerlukan perhatian khusus ternyata juga butuh perhatian sesekali supaya umurnya lebih awet dan tahan lama. Dianjurkan untuk memeriksa aki kering setidaknya 3 bulan sekali, hal ini tidak serepot merawat aki basah yang harus mengontrol volume air aki.

Tips aki kering awet dan tahan lama

Seperti diketahui saat ini hampir semua pabrikan sepeda motor sudah melengkapi produknya dengan aki kering. Meski aki kering memerlukan perhatian khusus alias maintenance free, namun tak ada salahnya jika kita mengecek apakah tegangan yang dihasilkan dari baterai kering tersebut masih normal (12 volt). Tujuannya adalah untuk menambah umur aki kering tersebut.

“Aki kering memang lebih awet dan tak perlu perawatan seperti yang sering dilakukan pada aki basah. Masa pakai aki kering maksimal setahun. Tapi kita bisa memperpanjang umur baterai tersebut,” ujar Sawaludin, pemilik toko aki di bilangan Rawamangun, Jakarta Timur.

Sawaludin menyarankan untuk mengecek tegangan pada aki setiap 3 bulan sekali. Jika tegangan kurang atau di bawah 12 volt, baterai harus distroom kembali. “Jangan menunggu sampai baterai mati sama sekali, berarti harus mengganti dengan baterai yang baru,” saran Sawaludin.

“Jika kita sering mengecek tegangan baterai, dan menyetroomnya jika tegangan berkurang, hasilnya, umur baterai akan lebih panjang,” pungkasnya. Bagaimana? semoga sahabat TeknoFlas tidak lupa memeriksa aki kering kendaraannya supaya lebih awet dan tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *