TeknoFlas.com – Tahun ini, pemerintah akan mengalokasikan lulusan SMA untuk mengisi jabatan-jabatan tertentu dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Hal ini menjadi kesempatan emas bagi Anda lulusan SMA yang ingin melamar menjadi CPNS.

Formasi CPNS SMA

Formasi CPNS untuk lulusan SMA disiapkan sebanyak lima persen dari total kursi CPNS nasional sebanyak 100 ribu. Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengatakan bahwa peluang bagi lulusan SMA diperuntukkan untuk daerah terpencil, terluar, dan tertinggal maupun pemekaran.

Formasi SMA plus ini terutama untuk menduduki jabatan fungsional seperti penjaga mercusuar, sipir, anak buah kapal, pencatat deteksi gunung berapi, pencatat deteksi gempa, dan posisi sulit lainnya. Sedangkan posisi tenaga administrasi tidak akan diberikan.

“Tidak semua instansi bisa merekrut lulusan SMA. Karena kita sebenarnya sudah menghindari CPNS dari lulusan SMA untuk meningkatkan kompetensi pegawai negeri,” demikian disampaikan Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB.