TeknoFlas.com – Pemerintah sudah mengantongi baik pemerintah pusat maupun daerah yang akan membuka lowongan CPNS dari total 65 ribu lowongan yang tersedia. Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dibuka mulai tanggal 20 Agustus sampai 03 September mendatang.

Syarat Pendaftaran CPNS 2014

Bagi putra putri Indonesia lulusan SMA, D3, maupun S1 yang ingin melamar CPNS, Anda bisa mengakses situs resmi pendaftaran online CPNS di panselnas.menpan.go.id. Sebelumnya Panitia Seleksi Nasional (panselnas) telah menggelar simulasi CAT di berbagai daerah.

Diharapkan simulasi ini memaksimalkan para calon peserta seleksi CPNS agar tidak bingung menggunakannya saat test berlangsung. Selain itu sistem baru Computer Assisted Test (CAT) ini dapat menghindari kecurangan. Adapun persyaratan utama calon peserta harus melakukan regristasi online di website resmi Pendaftaran Online CPNS 2014 sebelum melakukan tes.

Syarat-syarat yang dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran CPNS secara online adalah sebagai berikut :

  1. Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Tahun dan nomor ijasah pendidikan terakhir.
  3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir.
  4. Berkas pasfoto digital warna berukuran 200 x 150 piksel dalam format JPEG (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran sebesar 30 KB.
  5. Berkas fotokopi digital ijasah dan transkrip dalam format PDF (dengan nama ekstensi PDF) dan maksimal berukuran 500 KB.
  6. Surat elektronik (email) yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. Informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung.
  7. Judul dan abstrak tugas akhir/tesis/disertasi
  8. Untuk pelamar lulusan dari luar-negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Dikti – Depdiknas, atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan Penyetaraan Ijazah.

Validitas isian dan berkas digital yang diunggah akan diverifikasi secara fisik oleh panitia sebelum ujian tulis.  Data isian dan berkhas yang tidak sesuai akan mengakibatkan peserta digugurkan dan tidak diperkenankan mengikuti ujian tulis.