TeknoFlas.com – Pada akhir bulan Agustus 2014 ini seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2014 kembali dibuka. Banyak berbagai instansi ataupun lembaga yang membuka lowongan CPNS karena tahun ini pemerintah bakal melakukan pengambilan Pegawai Negeri Sipil secara besar-besaran. Berikut 5 kementerian paling banyak membuka lowongan CPNS tahun ini.

Inilah Kementerian Yang Paling Banyak Buka Formasi CPNS

Dari 29 kementerian yang siap membuka lowongan CPNS tahun ini, hanya terdapat 5 kementerian yang akan merekrut banyak CPNS tahun ini. Hal ini dikarenaan kementerian-kementerian tersebut memang membutuhkan banyak pegawai baru.

kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia atau KemenKumHam merupakan salah satu dari lima kementerian yang akan merekrut CPNS terbanyak tahun ini. Hal ini berdasarkan data tahun 2013 yang menyebutkan bahwa jumlah sipir saat ini adalah 11.800 orang. Sedangkan kebutuhan Kemenkumham untuk sipir dari 119.000 narapindana adalah 14.000 orang. Artinya, kemungkinan besar Kemenkumham akan merekrut sebanyak 2000an CPNS tahun ini.

Jumlah tersebut hampir sama dengan Kementerian Kesehatan yang juga akan merekrut sebanyak 2000an pegawai negeri sipil baru tahun ini. Kedua kementerian tersebut masih jauh di bawah 3 kementerian lain yang akan mengambil jauh lebih banyak.

Tiga Kemntrian tersebut yakni Kementerian Agama (Kemenag) yang rencananya akan mengambil sekitar 4000 orang calon pegawai negeri sipil tahun ini. Sedangkan Kemendikbud rencananya akan merekrut 6000 CPNS baru. Kementerian Keuangan menjadi satu-satunya kementerian yang bakal merekrut calon PNS terbanyak tahun ini. Tidak tanggung-tanggung, kementerian ini bakal mengambil 9000 CPNS tahun ini.

Pelaksanaan tes CPNS di kementerian dan lembaga Negara kemungkinan besar akan bersama dengan tes CPNS di pemerintah daerah. Hal ini akan memberikan peluang yang cukup besar bagi calon yang ingin mengabdikan dirinya kepada Negara sebagai PNS.

Tahun 2014 ini penerimaan CPNS berbeda dari pada tahun – tahun sebelumnya. Di tahun ini pelamar dapat memilih tiga formasi jabatan sekaligus dalam satu instansi. Namun pelamar hanya dapat menentukan pilihan hanya dalam satu instansi saja.

Selain itu tes dalam seleksi CPNS tahun ini akan dilakukan secara online dengan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test). Seperti halnya surat Menteri PAN RB, waktu pelaksanaan tes CPNS 2014 akan dilakukan pada tanggal 8 September 2014. Sedangkan untuk pendaftaran akan dimulai tanggal 20 Agustus hingga 3 September.