TeknoFlas.com – Penerimaan CPNS datang dari daerah Bantul. Sebanyak 60 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) diajukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul.

CPNS Guru
Hal ini dituturkan oleh Bupati Bantul, Hj Sri Surya Widati kepada wartawan bahwa Pemkab Bantul beberapa waktu lalu sudah mengajukan permohonan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pengajuan 60 formasi merupakan kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi.

Dikutip dari KrJogja, Bupati mengatakan, dari pengajuan tersebut Pusat ternyata mengabulkan dan memberikan kuota CPNS untuk Bantul sebanyak 60 formasi. “Sudah sejak lama Bantul kekurangan guru SD, maka sejak lama pula saya selalu ngomong kalau ada guru SD yang mau pindah di Bantul saya terima. Karena Bantul memang sangat mendesak untuk pemenuhan guru SD,” ujarnya.

Jumlah guru SD yang ada sekarang, imbuh Bupati, makin lama makin berkurang akibat pensiun dan sebagainya. Bupati mengakui sebenarnya jika dikaitkan dengan moratorium, Bantul belum dapat melaksanakan perekrutan CPNS karena anggaran untuk belanja pegawai masih tinggi (di atas 60 persen). Namun karena mendesaknya kebutuhan dan pusat mengizinkan akhirnya Bantul dapat merekrut CPNS.

“Saya pastikan perekrutan CPNS di Bantul bersih. Dan yang jelas tidak pakai duit. Kalau ada yang mengaku mengiming-imingi dapat membantu masuk CPNS dengan membayar sekian juta, itu berpotensi menipu,” tegas Bupati.

Terkait CPNS dari K2, Bupati mengakui CPNS K2 yang kemarin melakukan seleksi tetap belum dapat menutup kekurangan tenaga di Bantul terutama untuk tenaga guru.