TeknoFlas.com – Bagaimana cara mencegah Anemia? Banyak orang yang tak sadar akan kesehatan sehingga banyak sekali orang terjangkit penyakit yang satu ini. Anemia merupakan keadaan saat jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari paru-paru, dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.

Penyakit Anemia

Anda memerhatikan asupan makanan Anda mulai dari sekarang. Anemia merupakan jenis penyakit yang tergolong tidak mematikan namun membahayakan.

Anemia menyebabkan oksigen tidak cukup ke beberapa organ dan jaringan tubuh. Hal ini dapat menyebabkan sejumlah gejala seperti kelelahan, pusing, sakit kepala, tangan dan kaki dingin, kekurangan energi, rambut rontok dan banyak lagi.

Mengatasi anemia, Anda dapat memanfaatkan beberapa makanan yang dapat berfungsi sebagai penambah darah. Dikutip di laman Kabar24, berikut beberapa makanan yang layak Anda coba untuk mengatasi anemia:

Bayam

Sayuran berdaun hijau seperti bayam merupakan obat yang baik untuk mengobati anemia. Bayam merupakan sumber zat besi yang baik dengan berbagai vitamin lainnya seperti B12 dan asam folat. Nutrisi ini dapat membantu Anda mengatasi gejala anemia.

Delima

Delima juga dianjurkan dikonsumsi untuk orang yang menderita kekurangan zat besi. Buah sehat ini bukan hanya sumber zat besi juga mengandung kalsium dan magnesium yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Blackcurrant Kering

Blackcurrant kering merupakan sumber yang baik untuk mengobati kekurangan zat besi. Vitamin C yang terkandung dalam delima juga dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi lebih baik. Delima merupakan buah yang sangat baik untuk mengobati anemia.

Buah Bit

Buah bit adalah sumber zat besi dan nutrisi lain seperti serat, kalsium, kalium, vitamin dan belerang. Karena kekurangan zat besi merupakan penyebab utama anemia, Anda dapat mengisi zat besi di tubuh Anda dengan dengan mengonsumsi umbi bit.