TeknoFlas.com – Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang paling bnayak memiliki anggota dan menjadi yang sosmed terbesar saat ini. Meskipun kini semakin marak beredar berbagai macam sosmed, namun kehadiran Facebook saat ini masih banyak dipakai oleh pengguna. Namun belangan telah terjadi banyak penyalahgunaan terhadap FB yang sering menimbulkan kontroversi. Hal ini membuat Malaysia melakukan berbagai sensor media sosial, dan salah satu yang menjadi sasaran pemblokiran yakni Facebook.

FB Diblokir Di Malaysia, Kapan Giliran Indonesia
Seperti yang diungkapkan Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia, Datuk Seri Ahmad Shabery Cheek, seperti dilansir Softpedia, Senin (18/8/2014). “Pemerintah Malaysia saat ini sedang mengevaluasi rencana pemblokiran Fb, menyusul sejumlah insiden penyalahgunaan di layanan tersebut. “Jika orang-orang berpikir bahwa Fb harus ditutup, maka kami siap menanggapinya”.

Hal ini dilakukan karena telah banyak pengaduan atau sebanyak 2000 komplain dari pengguna tentang penyalahgunaan di FB dan pemerintah Malaysia akan melihat pandangan publik mengenai kajian tersebut. Namun sepertinya pemblokiran Fb dinilai akan menjadi langkah radikal dan mustahil menutup akses ke jaringan yang diakses 15 juta pengguna tersebut.

“Kami menerima sekitar 2.000 komplain. Haruskah kami menutup Facebook sepenuhnya karena hal tersebut? Kami akan menjajakinya terlebih dahulu,” sambung Datuk Seri Ahmad Shabery Cheek.

Namun sepertinya langkah yang akan dimbil Malaysia ini, harus dikroscek terlebih dahulu, karena jika pemerintah tetap merealisasikan rencananya tersebut maka kemungkinan Malaysia akan sama seperti Korea Utara, Kuba, Iran, dan Tiongkok. Hal ini tidak akan disukai oleh warga negara.

Sepertinya tidak hanya di negara Malaysia saja telah telah banyak kejahatan melalui sosmed Facebook. Bahkan di Indonesia pun telah banyak terjadi penyalahgunaan FB sebagai tindak kejahatan dan biasanya menipu. Apakah FB di Indonesia juga akan diblokir??